DPRD Sibuk Kunker, Gedung Sepi

by -

*Informasinya Dinas ke Batam dan ke Bantul

TANJUNGPANDAN- Kondisi Kantor DPRD Belitung dalam beberapa minggu terakhir ini terlihat pemadangan yang  sepi. Berdasarkan pantauan Belitong Ekspres Selasa (17/3) kemarin, nampak hanya ada sejumlah anggota DPRD Belitung terlihat di Kantor DPRD. Namun, setelah dikonfirmasi, ternyata tiga komisi yang tergabung dalam dua pansus DPRD Belitung tengah melakukan kunjungan ke luar daerah.

“Sedang melakukan kunjungan kedaerah terkait pembahasan empat raperda Kabupaten Belitung yang sudah menerapkan perda terkait di daerahnya masing-masing,” ucap Wakil Ketua DPRD Belitung Isyak Meirobie.

Isyak mengatakan, tujuan para anggota DPRD Belitung melakukan kunjungan ke daerah yang sudah menerapkan Perda didaerahnya masing-masing itu, agar dapat menyimpulkan daftar inventaris masalahnya (DIM). “Dengan begitu,dalam pembahasan bisa dihasilkan yang paling terbarukan dengan mekanisme uji publik sebelumnya di daerah lain,” terangnya.
Selain itu, mereka para anggota pansus juga berkunjung ke badan usaha pelabuhanan (BUP) di Batam untuk prosedur pelaksanaan usaha BUP,mengali permasalahan dan solusi. “Setelah itu akan dilakukan pembahasan materis secara utuh dan dilakukan pengesahan dalam paripurna atas kesepakatan/persetujuan fraksi-fraksi terlebih dahulu,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Belitung, Junaidi Derani ketika dikonfirmasi mengatakan, gabungan komisi berangkat keluar daerah dalam rangka kunjungan kerja di Bantul dan Batam untuk belajar menyamakan visi dan misi daerah.
“Jadi, ada dua gelombang keberangkatan. Gelombang pertama berangkat hari Minggu ke Bantul. Sedangkan gelombang kedua berangkat pada hari Senin ke Batam,” ucapnya.
Politisi asal Desa Terong ini mengungkapkan, rencana kunjungan sejumlah anggota pansus DPRD tersebut, ditargetkan selama satu minggu. “Mereka (Anggota Pansus DPRD Belitung,red) studi banding dalam rangka belajar tentang penerapan Perda BUP di Batam serta Perda Bangunan gedung di Bantul,”paparnya.

Junaidi menyebutkan, empat orang anggota DPRD Belitung yang tidak masuk dalam anggota pansus DPRD. Dengan begitu, keempat orang itu tidak ikut berangkat. “Yang tidak berangkat studi banding, termasuk saya salah satunya (Junaidi Derani), Firuzah, Rusdianto dan Wahyu Affandi,” terangnya.

Politikus Partai Hanura ini berharap, setelah hasil kunjungan kerja tersebut diharapkan jangan sampai salah langkah dalam mengesahkannya. Sebab, itulah mereka belajar tujuannya untuk menyamakan visi misi. “Ketika mensahkan Perda itu, saya berharap agar dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta tidak ada kekeliruan dikemudian hari,” tandasnya. (mg2)