DPRD Tagih Komitmen BPJS Kesehatan

by -

*Dalam Memberikan Layanan Kesehatan Masyarakat di Lapangan

TANJUNGPANDAN-Masih adanya persoalan di BPJS Kesehatan membuat kalangan DPRD Belitung geram. Pasalnya, pengurus BPJS baik yang di Bleitung hingga pengurus di Wilayah di Palembang, hingga kini belum menunjukkan komitmennya untuk berusaha meminimalkan masalah-masalah seputa BPJS kesehatan di lapangan.
“BPJS Kesehatan adalah bagian dari badan usaha milik negara (BUMN) yang bersifat monopoli. Sebab, BPJS Kesehatan mengganggap dirinya sebagai layanan asuransi satu-satunya yang melayani publik,’’ kritik Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Belitung Saryadi seperti disampaikan ke Belitong Ekspres, Senin (2/2), lalu.
Anggota Komisi III DPRD Belitung ini menilai BPJS Kesehatan memang benar-benar kurang perhatian dengan masalah yang muncul di lapangan. Buktinya, ketika DPRD Belitung mengajak berkoordinasi dengan pihak wilayah BPJS-nya, namun, hingga saat ini belum juga ada kabarnya.
“BPJS Kesehatan di Belitung sendiri, sebetulnya sudah mulai bekerja baik. Hanya saja, karena keputusannya ada di tingkat wilayah jadi semua itu tergantung wilayah,” sebutnya kepada BE.
Di sisi lain, ketika dimintai tanggapan soal fakta pengenaan tarif BPJS di RSUD Belitung. Saryadi mengatakan, itu hanya mis komunikasi. DPRD Belitung sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit. “Persoalan itu (resep putih/pengenaan tarif obat,red) sudah dikonfirmasikan dengan pihak RSUD Belitung. Bahwa tidak boleh ada dokter yang menggunakan lagi resep putih,” jawabnya.
Dikatakannya, pihak rumah sakit harus menegur dan mewanti-wanti dokter yang menggunakan resep putih tersebut.  “Selagi masih ada penggunaan obat di resep merah. Kecuali, atas permintaan pasien sendiri,” katanya.
Anggota DPRD Belitung ini, menghimbau kepada pihak Pemerintah daerah dan BPJS kesehatan, agar lebih banyak memberikan informasi yang luas kepada publik. “Dan hingga hari ini, kami DPRD Belitung pun masih tetap menantikan kedatangan Kepala Wilayah BPJS untuk koordinasi,” tandasnya. (mg2)