DPT Tambahan Pilkada Babar 341 Pemilih

by -

MUNTOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat (Babar), Selasa (27/10) kemarin kembali menggelar pleno terbuka terkait Daftar Pemilih Tetap Tambahan Satu (DPTb-1) yang akan digunakan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015.
Pleno dipimpin Ketua KPU Babar Martono, tercatat penambahan daftar pemilih tetap (DPT) pilkada sebanyak 341 pemilih terdiri dari laki laki 180 pemilih dan perempuan 161 pemilih. Martoni mengaku, pada DPTb-1 jumlah tambahan DPT cukup signifikan.
“Jumlah ini didapatkan dari hasil verifikasi oleh masing masing PPK di enam kecamatan. Untuk Kecamatan Muntok ada 115 DPT tambahan, Simpang Teritip 39 pemilih, Jebus 41 pemilih, Kelapa 28 pemilih, Tempilang 48 pemilih sedangkan Parit Tiga sebanyak 70 pemilih. Jadi total disepakati antara KPU dan Panwaslu untuk DPT tambahan Pilkada Babar 2015 sebanyak 341 pemilih,” papar Martono.
Ia menyakini, jumlah DPT tambahan ini merupakan hasil verifikasi atau pendataan DPT yang cukup valid. Tingginya penambahan jumlah DPT Pilkada Babar, menurut Martono, didukung penuh oleh kesadaran masyarakat dalam melaporkan pendataan pemilih ini.
Untuk diketahui sebelumnya, KPU Babar menetapkan DPT Pilkada sebanyak 126.579 mata pilih, terdiri 64.943 pemilih laki laki dan 61.636 pilih perempuan. Hanya saja pleno penetapan DPT KPU Babar, pihak Panwaslu Babar menemukan banyaknya data pemilih ganda sehingga merekomendasikan KPU untuk menindaklanjutinya.(ray)