DPU Babel Segera Bangun Jembatan

by -2 views

* Masih Proses Persiapan Lelang, Diperkirakan Maret – April 2017

GANTUNG– Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Bangka Belitung (Babel) memastikan akan segera membangun jembatan yang putus di Jalan Sudirman, Tebat Asam, Dusun Sumping, Desa Batu Penyu, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Staf UPTD Dinas PU Provinsi Babel, Virgo Roby mengatakan jembatan yang putus akibat terjangan banjir, Minggu (22/1) lalu tersebut akan dibangun sekitar bulan Maret – April 2017 mendatang.

Menurutnya pembangunan jembatan penghubung Desa Gantung dan Batu Penyu ini, akan menggunakan Box Culvert dengan panjang  6 atau 9 meter. Pembangunan menggunakan anggaran peningkatan Jalan Badau – Gantung 2017.

“Saat ini sedang persiapan proses lelang. Kalau lelangnya sudah selesai, pekerjaan bisa dimulai bulan Maret atau April 2017,” kata Virgo Roby saat dihubungi Belitong Ekspres, kemarin.

Pria yang akrab disapa Virgo ini kembali mengatakan, jembatan Box Culvert pastinya akan lebih kuat dan aman dari banjir. Sebab, menggunakan pondasi sumuran atau pancang.

“Kalau jembatan yang lama (zaman Sumsel) kan sebagian menggunakan pondasi langsung, jadi mudah tergerus air dan rawan roboh saat banjir. Kalau zaman Provinsi Babel semua jembatan sudah gunakan pondasi sumuran atau pancang yg tertanam dalam, jadi gak perlu kwuatir,” tegasnya.

Di sisi lain, Virgo juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah peduli membantu membangun jembatan darurat di lokasi Senin (23/1). Menurutnya, kalau menunggu dana dari Provinsi Babel pasti prosesnya membutuhkan waktu agak lama.

“Kepada pihak yang peduli membantu membangun jembatan darurat dan semua pihak yg ikut membantu, kami mengucapkan banyak terimakasih. Kami memastikan untuk jembatan permanen akan segera dibangun, perkiraan Maret atau April,” tandas Virgo. (yud)