dr. Ichram Riyadi: Cegah Penyebaran Corona, Awali Dengan Cari Informasi

by -
dr. Ichram Riyadi Cegah Penyebaran Corona, Awali Dengan Cari Informasi
dr. Ichram Riyadi Sp.PD

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) harus diawali dengan mencari informasi yang benar terkait langkah apa yang harus dilakukan. Kekhawatiran yang berlebihan tapi tidak disertai dengan pengetahuan antisipasi hanya akan menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Artinya pertama cari informasi jangan terlalu mengambil informasi-informasi yang tidak jelas, apa langkah-langkah yang mesti dilakukan,” demikian pernyataan dr. Ichram Riyadi Sp.PD yang dikonfirmasi Belitong Ekspres, Senin (9/3) kemarin.
Menurut dokter RSUD Beltim itu, perilaku yang harus dibiasakan masyarakat adalah mencuci tangan setiap selesai melakukan aktifitas.

Apalagi jika memiliki hewan piaraan berupa unggas atau mamalia. “Sebenarnya lakukan pola hidup sehat seperti germas, istirahat cukup, makan teratur, olahraga cukup. Bila ada sakit, kontrol ke rumah sakit. Itu cukup bisa mengeleminasi penyakit corona,” ujar dr Ichram.

Menurut dr Ichram, mengenali penularan virus Corona sebenarnya cukup mudah. Ciri-cirinya adalah mengalami demam panas, batuk dan pilek yang disertai sesak nafas. “Nah (kalau) ini langsung kontrol ke rumah sakit. Tapi kalau cuma batuk pilek biasa tanpa sesak nafas, aman. Tidak usah khawatir. Karena memang sekarang lagi musim hujan,” tukasnya.

Mengkonfirmasi penyampaiannya disela-sela rapat yang menyebut virus Corona saat ini ada dua jenis, dr Ichram menyebut perbedaan tingkat bahaya. “Sekarang ini Corona sars virus 2. Yang pertama juga terjadi di China. Bedanya yang pertama lebih mematikan, 15 persen. kalau sekarang hanya 2 persen cuma penularannya lebih tinggi yang sekarang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Belitung Timur Senaidi menyatakan pihaknya telah mengambil langkah pencegahan dengan mengumpulkan seluruh Kepala KUA dan penyuluh. “Kita sampaikan penyakit oleh virus Corona ini, jadi untuk mengantisipasi antara lain kita sebagai orang beragama, utamakan kebersihan. Lingkungan baik di masjid maupun di sekolah madrasah. Tidak ada tim, tapi kita berinisiatif,” ujar Senaidi.

Termasuk bagi pasangan yang akan menikah, Senaidi telah meminta Kepala KUA melakukan pengecekan berkas administrasi yang benar dan lengkap. Terutama pasangan yang menikah dengan warga luar daerah.

“Untuk yang menikah kita sarankan cek kelengkapan administrasi apakah ada dari kesehatan dan penyuluhan. Kalau dinyatakan tidak apa-apa, baru kita lanjutkan (nikah). Ini untuk antisipasi kita, dasar kita adalah kebersihan itu adalah sebagian dari iman,” kata Senaidi. (msi)

Editor: Yudiansyah