Draf Harga Sedang Disiapkan, LPG 3 Kg di Beltim Segera Naik

by -
Draf Harga Sedang Disiapkan, LPG 3 Kg di Beltim Segera Naik
Ilustrasi

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Harga eceran LPG 3 Kilogram (Kg) akan naik dalam dalam waktu dekat. Rencana kenaikan tersebut dibenarkan Kepala Bagian Ekonomi Pembangungan (Ekbang) Setda Belitung Timur (Beltim), Hendry Yani.

“Perubahan ini terjadi karena ada perubahan nilai yang ditetapkan oleh Gubernur Babel, sehingga di atas radius 60 kilometer (dari titik serah pangkalan) akhirnya ditetapkan oleh Kabupaten (Bupati),” ujar Hendri Yani kepada wartawan, Senin (3/8) kemarin.

Dia menjelaskan, rencana kenaikan gas tabung 3 Kg dihitung berdasarkan titik akhir penyerahan di Tanjungpandan ke Manggar. Sebagaimana ketetapan Gubernur Babel, radius di atas 60 kilometer dikenakan penambahan biaya yang ditetapkan Bupati.

“Kami juga sudah mengadakan rapat berkenaan hal itu dengan stakeholder terkait beberapa waktu lalu. Nah terhadap yang di atas 60 kilometer itu sudah kami usulkan karena memang sebelum ditetapkan oleh Bupati ada permohonan dari pihak Gubernur, sebagaimana surat Gubernur kepada Bupati untuk menyampaikan usulan,” terangnya.

Berkenaan hal itu menurut pria yang akrab disapa Kulok, sudah ditindak lanjuti dan disampaikan ke Gubernur Babel.

“Saat ini kami sedang menyiapkan draf keputusan Bupati berkenaan harga jual tabung gas 3 Kg. Kalau kenaikan harga tidak ada yang signifikan, ini juga untuk menghindari jangan sampai misalnya pangkalan menjual di atas HET yang telah ditentukan,” ujarnya.

HET yang nantinya berubah, menurut Kulok mendekati harga jual yang ada dilapangan saat ini karena LPG 3 Kg statusnya adalah barang subsidi. Sebab itu, Pemkab Beltim menentukan HET harus hati-hati mengingat uang negara dan memastikan penerima adalah orang yang berhak.

“Termasuk juga surat dari Gubernur kepada Bupati itu meminta kepada tiap-tiap desa menyampaikan warga yang perlu mendapatkan LPG 3 Kg. Kedepannya akan ada pendataan ulang,” sebut Kulok.

Sebelum adanya perubahan harga HET kedepan, saat ini di wilayah Belitung Timur (Beltim) masih menggunakan harga HET lama yakni Rp 16.300. Jika disetujui, HET baru direncanakan akan naik menjadi Rp19.350. (msi)