Drone Dipakai Selundupkan Narkoba ke Lapas

by -
Drone Dipakai Selundupkan Narkoba ke Lapas
Ilustrasi.

belitongekspres.co.id, JAKARTA – Alat canggih digunakan para bandar narkotika untuk menyelundupkan barang haramnya ke dalam lembaga pemasyarakatan (lapas). Para bandar menggunakan drone alias pesawat nirawak.

Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Tejo Harwanto mengatakan drone sudah digunakan sindikat narkotika untuk menyelundupkan barang haram ke Lapas atau rumah tahanan (rutan). Modus lainnya, yaitu menggunakan jasa pengiriman transportasi online.

“Hebatnya sekarang sudah dengan drone, layangan, hingga jasa pengiriman melalui transportasi online. Kan luar biasa,” ucapnya melalui keterangan tertulisnya, Minggu (15/12).

Modus lain yang diguakan sindikat narkoba adalah melalui petugas, pengunjung, tahanan pendamping yang menjalani asimilasi, gerobak sampah, hingga barang-barang kantin dan dapur.

“Yang berani melempar dari luar tembok juga ada. Seperti yang terjadi di Lapas Sragen minggu lalu. Dari dibungkus perekat sampai dimasukkan dalam buah-buahan seperti jeruk. Itu cara yang kerap terjadi sejak dulu,” terang Teho.

Untuk mencegah dan meminimalisir penyelundupan, Tejo mengatakan, pihaknya telah menambah sarana prasarana teknologi hingga penambahan penjaga tahanan di lapas.

“Pada 2020 akan ada penambahan 5.000 penjaga tahanan yang tersebar di seluruh Indonesia,” katanya.