DSPMPD Beltim Pastikan BLT Pemda Disalurkan Setelah Lebaran

by -
DSPMPD Beltim Pastikan BLT Pemda Disalurkan Setelah Lebaran
Ilustrasi jpnn

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Ida Lismawati, memastikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah daerah akan disalurkan setelah lebaran Idul Fitri 1441 H.

Besaran nilai BLT yang disiapkan mengacu pada bantuan sejenis lainnya dan keluarga penerima tidak termasuk penerima bantuan lainnya atau sejenisnya.

“Masih dihitung diberikan berapa, kriterianya apa, (sebab) Kemendes juga begitu. Tinggal kita mengantisipasi berapa sisa yang tidak dapat dengan kemampuan kita,” ujar Ida saat ditemui Belitong Ekspres, akhir pekan lalu.

Dikatakan Ida, perlu kehati-hatian dalam menetapkan nama-nama penerima bantuan agar tepat sasaran dan mengutamakan masyarakat yang belum pernah tersentuh bantuan lainnya.

“Jangan sampai kemudian ada yang tumpang tindih penerima manfaat, penerima ganda. Ini akan menjadi polemik di masyarakat,” kata Ida.

Menurut Ida, hasil pengecekan di lapangan didapat sekitar 4.000-an KPN. Mereka yang mendapat PKH dengan kriteria tertentu, seperti anak sekolah, ibu hamil dan sebagainya akan di top up agar nilai bantuannya sama yakni Rp.600 ribu.

“Sebab ada penerima BPNT murni tanpa PHK, itukan dapat Rp.200 ribu perbulan, kita tambah Rp. 400 ribu sehingga dapatkan sama Rp. 600 ribu,” jelas Ida.

Disinggung jenis Jaring Pengaman Sosial (JPS) selain BLT yang diurus Dinas Sosial, Ida menyatakan tugas pokok dan fungsi tersebut bukan hanya di Dinas Sosial. Di dalam gugus tugas, Dinas Sosial hanya anggota dengan Koordinator BPBD Beltim.

“(Sesuai) SK di gugus tugas, kami hanya anggota, koordinatornya BPBD. Pegangannya kita SK itu saja, kalau koordinatornya Dinsos mana SK-nya. Jadi sistemnya masing-masing,” jelasnya.

Ia mencontohkan, penyiapan anggaran APD untuk masyarakat luas, penyiapan logistik atau keberadaan dapur umum juga termasuk JPS.

“Jadi JPS untuk Dinas Sosial hanya bantuan sosial tunai, sebatas itu saja. JPS lain ada di dinas atau instansi lain,” sebut Ida. (msi)

Editor: Yudiansyah