Dua Investor Berminat Kembangkan Rumput Laut Belitung

by -

PANGKALPINANG – Dua investor dalam negeri menyatakan berminat mengembangkan budidaya rumput laut di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), karena kondisi perairan di daerah itu cocok pembudidayaan komoditas ekspor tersebut.
“Saat ini dua investor tersebut sedang mengurus izin usaha pengembangan rumput laut di PTSP Kepulauan Bangka Belitung dan mudah-mudahan tahun perizinan usaha ini selesai,” kata Kasi Produksi dan Pengendalian Budidaya Ikan DKP Kepulauan Babel, Winarso, Senin (16/11).
Ia menjelaskan investor asal Lampung dan Jakarta berminat mengembangkan rumput laut, karena kondisi perairan Belitung sangat cocok untuk budidaya komoditas tersebut. “Sebelumnya, investor ini sudah melakukan uji coba membudidayakan rumput laut di Belitung dan hasil yang diperoleh sangat memuaskan,” ujarnya.
Ia mengatakan dua investor ini melakukan uji coba budidaya rumput laut di perairan Belitung seluas 2,5 hektare dan hasil yang diperoleh berkisar tiga ton. “Jika perizinan usaha selesai, dua investor ini akan membuka budidaya rumput laut masing-masing seluas 12 hektare,” terangnya.
Untuk itu, kata dia, pihaknya siap membantu investor mengurus izin usaha di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), guna mempercepat pengembangan budidaya rumput laut di daerah ini.
“Keberadaan investor rumput laut ini akan sangat membantu pemerintah daerah dalam mengoptimalkan potensi sumber daya kelautan dan kesejahteraan masyarakat, karena investasi ini akan menampung banyak tenaga kerja dan dapat meningkatkan minat masyarakat pesisir mengembangkan rumput laut ini,” tandasnya.(ant/rb)