Dua Kontestan Bertarung Perebutkan Jabatan Ketua KONI Beltim 

by -
Dua Kontestan Bertarung Perebutkan Jabatan Ketua KONI Beltim 
Ketua PTMSI Beltim saat mengambil berkas pencalonan di Kantor Sekretariat KONI Beltim, Senin (14/12).

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Usai pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim), KONI Beltim akan menyelenggarakan pemilihan Ketua Umum KONI Beltim masa bakti 2021 – 2025. Pendaftaran sudah dibuka sejak, Kamis, (10/12/20) dan akan ditutup pada Selasa (15/12).

Dua nama diperkirakan akan ikut meramaikan bursa pencalonan Ketua Umum KONI Kabupaten Beltim, yakni; Pembina Pengurus Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kabupaten Beltim Kamarudin dan Ketua Umum Persatuan Senam Indonesia (PERSANI) Kabupaten Beltim Suhardianto.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Calon Ketua Umum KONI Beltim Suharman menyatakan hingga Senin (14/12) sore, baru satu orang bakal calon yang sudah mengambil berkas pencalonan.

“Hari ini baru satu orang yang mengambil berkas pencalonan. Infonya ada dua orang yang mengurus SKCK dari Kepolisian guna kelengkapan berkas pencalonan,” ungkap Suharman saat dihubungi Diskominfo Beltim, Senin (14/12).

Ketua Harian Persatuan Menembak dan Berburu Indoensia (PERBAKIN) Kabupaten Beltim itu menyatakan segala ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar secara eksplisit telah lengkap tercantum dalam pengumuman.

Salah satu diantaranya yakni memperoleh dukungan dari peserta utusan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) dengan melampirkan pernyataan dukungan resmi sekurang-kurangnya 25% + satu dari Pengurus Kabupaten Cabang Olahraga atau Organisasi Olahraga Fungsional anggota KONI Kabupaten Beltim yang mempunyai hak suara.

“Dalam hal masih terdapat kekurangan berkas persyaratan yang belum dipenuhi oleh pendaftar, maka masih diberikan kesempatan bagi pendaftar untuk melengkapi dan menyerahkannya paling lambat hingga, Kamis (17/12/20) pukul 12.00 WIB,” jelas Suharman.

Kepala Bagian Hukum Setda Beltim itu menekankan TPP ini hanya sebatas memfasilitasi dengan persyaratan yang harus dipenuhi masing-masing pendaftar calon. Sedangkan keterpilihan para calon Ketum KONI akan ditentukan dalam Musorkab.

“Yang berhak memilih nanti Sekretariat KONI dan Pengkab Cabor yang dianggap masih aktif dalam Musorkab. Tiap pengkab hanya satu suara,” ujarnya.

Santo Tak Mencalonkan Diri Kembali

Terpisah, Ketua Umum KONI masa bakti 2016 – 2020 Santo memastikan bahwa dirinya tidak akan mencalonkan kembali menjadi Ketua Umum KONI periode 2020 – 2024. Ia menyatakan akan menyerahkan jabatan kepada Ketua Umum terpilih selanjutnya.

“Tidak nyalon lagi. Alasannya sudah menjalankan dan memperbaiki adminstrasinya dan mengembangkan KONI sebagaimana yang dikehendaki oleh Pemerintah Daerah, sesuai visi misi awal dan sudah selesai semuanya,” kata Santo seperti dilansir Diskominfo Beltim, Senin (14/12).

Santo berharap siapa pun yang terpilih nantinya akan selalu memikirkan atlet dan pelatih dan mau sungguh-sungguh mendidik mereka menjadi professional. Tujuannya, agar prestasi olahraga Kabupaten Beltim mencapai target tertinggi baik di nasional maupun internasional. “Hindari atau minimalkan atlet cedera, terutama untuk persiapan Porprov 2022 di Bangka Barat ini,” ujar Santo.

Dia juga berpesan agar dapat Ketua Umum KONI selanjutnya dapat menjalankan program-program kerja yang sudah baik di masa kepemimpinannya, dan memperbaiki program yang masih kurang berjalan baik. “Pesannya mana yang sudah baik jalankan terus, mana program yang masih kurang agar diperbaiki jadi lebih baik,” pesannya.

Sementara itu, salah seorang bakal calon yang sempat akan mencalonkan diri menjadi Ketua Umum KONI, Ferizal mengaku mundur dari kontestasi pencalonan. Ketua Umum PERCASI Kabupaten Beltim itu menyatakan akan lebih baik jika pencalonan Ketum KONI hanya diikuti oleh dua calon saja.

“Ketua Umum PERCASI mengambil keputusan untuk mundur dari kontestasi pencalonan. Karena akan lebih menarik jika pertarungan terjadi head to head,” ujarnya melalui pesan WhatsApp.

Musorkab KONI Beltim atau pemilihan Ketua Umum KONI akan berlangsung pada Jum’at (18/12/20) Mendatang. Saat ini di bawah KONI Beltim setidaknya ada 27 Pengkab Cabor, namun hanya Pengkab yang aktif berhak memilih. (rel/@2!)