Dua Pasien Sembuh Dipulangkan, Sanem: Jangan Terlena Zona Hijau

by -
Dua Pasien Sembuh Dipulangkan, Sanem: Jangan Terlena Zona Hijau
Bupati Belitung, Sahani Saleh melepas kepulangan dua pasien sembuh dari Covid-19.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Kabupaten Belitung, Sahani Saleh melepas kepulangan dua pasien sembuh dari Covid-19 setelah menjalani masa karantina penyembuhan selama 14 hari di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Desa Perawas Tanjungpandan.

Keduanya yaitu pasien nomor 440 dan pasien nomor 034. Dua orang ini dibekali surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung kepada masing-masing pasien sembuh tersebut.

“Alhamdulillah, dari empat pasien positif semuanya sudah sembuh, tiga sudah pulang dan satu masih menjalani karantina penyembuhan tetapi secara medisnya memang sudah sembuh,” kata Bupati Belitung Sahani Saleh kepada Belitong Ekspres akhir pekan lalu.

Menurutnya, dari empat pasien positif yang masuk tabulasi Belitung, seluruhnya telah dinyatakan sembuh, tersisa satu pasien positif Covid-19 di luar tabulasi Belitung yang saat ini sedang mendapatkan perawatan di RSUD dr H Marsidi Judono.

“Kita bukan istilahnya zona merah, kuning, hijau, karena virus ini sebaranya bisa melalui siapa aja dan berbagai macam hal, kita tetap waspada,” jelas Bupati Belitung.

Dengan demikian, saat ini Belitung belum dapat dikategorikan sebagai zona hijau dari penyebaran wabah Covid-19 karena potensi penularan masih tetap ada. “Karena belum totalitas pasien sembuh karena masih ada pasien positif yang sedang mendapatkan perawatan,” katanya.

Kemudian Bupati Belitung menambahkan, masyarakat diharapkan tidak kendur dan terus mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, dan juga tidak terlena dengan status zona yang sering diperbincangkan akhir-akhir ini.

“Secara zona merah, kuning, hijau itu hanya untuk secara medis, tapi bagi kita itu warning semua, sebelum dunia menyatakan tuntas, kita harus waspada,” kata Bupati Belitung yang karib disapa Sanem.

Bupati khawatir, dengan kembali menjadi zona hijau, membuat masyarakat terlena dan tidak terkendali dalam mematuhi protokol penanganan Covid-19. “Pokoknya tetap menjalankan SOP Protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah,” tandas Sanem. (dod)

Editor: Yudiansyah