Dua Terdakwa Alkes Segera Sidang

by -

*Kerugian Negara Selesai Dihitung

PANGKALPINANG – Setelah lama tak berkabar, akhirnya perkara dugaan korupsi proyek pengadaan alat-alat kesehatan (alkes) di Rumah Sakit Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, segera naik ke persidangan.  “Kasus itu  segera disidangkan, sudah ada JPU-nya,” kata Kasi Penyidikan Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung, Wilman Ernaldy, kepada harian ini.

Dikatakan Wilman  kasus tersebut saat ini sudah kelar penghitungan kerugian negara. Dalam waktu dekat kasus tersebut segera disidangkan di Pengadilan Tipikor  Kota Pangkalpinang.  “Itu sudah selesai (penyidikan.red), segera sidang. Kasus tersebut merupakan kasus lama dan  tunggakan sehingga menjadi prioritas untuk dilesaikan guna mendapatkan kepastian hukum,” ucapnya.

Menurutnya dalam perkara  tersebut sudah ada pengembalian kerugian negara senilai Rp 2 milyar. Dengan begitu terkait dengan apakah bakal ada penahanan pada para tersangka atau tidak nantinya akan dipertimbangkan secara bijak dan adil. “Yang jelas kasus ini sudah ada pengembalian kerugian negaranya, artinya ada niat kooperatif dari para tersangka.  Tentu kita selaku penyidik pasti memberikan pertimbangan yang bijak nantinya,” sebutnya.

Pengadaan alkes RSUP tersebut bersumber dari dana APBD Kepulauan Bangka Belitung tahun anggaran 2010 sejumlah  kurang lebih  Rp 12 Miliar.  Adapun 2 tersangka yang sudah ditetapkan dan segera duduk jadi pesakitan yakni dokter Hn (Mantan Kepala Dinas Kesehatan) dan Hr (Mantan Sekretaris Dinas Kesehatan).(eza)