Dukcapil Beltim Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak

by -

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Beltim berkomitmen mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Beltim. Salah satu dukungan bagi Kabupaten Layak Anak adalah dengan percepatan pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) dengan inovasi jemput bola.

“Saat ini kita fokus menjalankan program KIA In School. Dimana kita mencetak langsung KIA di sekolah-sekolah yang kita datangi bersama petugas Dukcapil,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Beltim, Ernadi saat ditemui Belitong Ekspres, Senin (5/8).

Menurut Ernadi, keberadaan KIA merupakan salah satu hak konstitusi yang diberikan Negara kepada setiap anak di Indonesia. Dalam kaitan tersebut, Disdukcapil Kabupaten Beltim berupaya mengejar target kepemilikan KIA di seluruh wilayah Kabupaten. “Disdukcapil akan melaksanakan kegiatan lanjutan KIA di 2 SD, 2 SMP pada 7 Kecamatan,” sebut Ernadi.

Saat ini cakupan KIA Belitung Timur sampai dengan semester I tahun 2019 kurang lebih 45 persen. Diharapkan sampai september bisa mencapai 60 persen dengan dilaksanakannya kegiatan ini. “Syaratnya cukup mudah, bawa fotocopy Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran,” kata Ernadi. (msi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *