Dukcapil Sosialisasi Peningkatan Administrasi Kependudukan

by -

TANJUNGPANDAN-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung menggelar Sosialisasi Peningkatan Administrasi Kependudukan di gedung serba guna Pemkab Belitung, Senin (30/5) kemarin. Sosialisasi ini diikuti sebanyak 180 peserta dari pemerintahan desa se Kabupaten Belitung.

Kepala Dinas Dukcapil Hotmaria Ida kepada Belitong Ekspres mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi langkah maupun pengetahuan soal adminitrasi kependudukan. “Biar gool ya seragam dalam pemahan pentingnya data kependudukan,”ujar Hormaria.

Hotmaria menjelaskan, dalam kegiatan itu pihaknya juga mengundang sekertaris desa (Sekdes) Kaur desa maupun RT setempat sehingga mempunyai persepsi dan pengetahuan yang sama.
Oleh karena itu, ia berharap kedepan tidak ada lagi warga yang tidak terdaftar di Dukcapil seperti Akta kelahiran dan kependudukan. Namun, untuk persentase Nasional Belitung sudah over target.

“Meski belum terdata 100% belitung sudah melebihi target untuk untuk Nasional,”jelas Hotmaria.

Kata Hotmaria, dari 78,76 persen sisanya merupakan warga yang sifatnya mengabaikan data kependudukan. Mereka saat terdesak seperti sakit tau keperluan penting lainnya baru mau mendaftarkan diri.

Lebih jauh Hotmaria mengatakan, untuk penduduk pindah datang perbulannya rata-rata mencapai 125 orang setiap bulanya.Jika, dalam 25 hari tidak melapor lantas, warga terdebut tidak dapat di proses. Sedangkan data warna tersebut sudah di cabut dari daeah asalany.

“Sering kita temukan keterlambatan dalam proses pendataan dengan alasan dimaklumi namun namanya tertib harus tetap tertib,” tandasnya (mg1)