Durian Lokal Belitung Jadi Buruan Wisatawan

by -
Durian Lokal Belitung Jadi Buruan Wisatawan
Sejumlah pembeli terlihat sedang menikmati durian di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan, Belitung

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Musim durian telah tiba. Sejumlah penjual buah tersebut sudah mulai meramaikan dagangannya di sejumlah tempat di Kabupaten Belitung. Salah satunya di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan.

Hampir tiap hari lapak yang ada di lokasi depan Kantor Kejaksaan Negeri Belitung dan Pengadilan Negeri Tanjungpandan ini tak pernah sepi dari pembeli. Khususnya wisatawan yang berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi.

Selain di Tanjungpandan, ada lokasi lain yang menjadi primadona bagi pecinta durian. Yakni di Kawasan Tanjung Binga Sijuk. Di darah itu, beberapa area jalan terdapat warga lokal yang menjual durian. Apalagi di Tanjung Binga banyak ditemui kebun durian.

Fani, salah satu pedagang durian di Jalan Sriwijaya Tanjungpandan mengatakan, dirinya menjual buah tersebut sejak akhir November 2019 lalu. Hampir setiap tahun (musim durian) dia berjualan di tempat yang sama.

Dijelaskannya, per hari pria ini mampu menjual puluhan buah yang memiliki bau menyengat tersebut. Untuk buah durian yang dijual, dia mengambilnya dari petani yang ada di Kawasan Kelapa Kampit Belitung Timur.

“Harga bervariasi, mulai dari Rp 25 ribu, Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Selain itu juga ada harga khusus. Misalnya Rp 100 ribu paket lima buah, hingga Rp 100 ribu dapat tiga buah dengan ukuran sedang,” kata Fani.

Sementara itu, Yoga, salah satu penikmat durian asal Tanjungpandan mengatakan, hampir setiap musim durian ia bersama rekan-rekannya memburu buah tersebut. Seperti di Tanjung Binga dan Jalan Sriwijaya Tanjungpandan.

Pria asal Jawa Tengah yang bertugas di Belitung ini mengaku, tidak ada perbedaan rasa antara di Jalan Sriwijaya maupun di Tanjung Binga. Bahkan dari segi harga bisa dikatakan hampir sama.

“Bedanya di sini (Jalan Sriwijaya) lebih dekat. Namun lebih khas suasananya, enakan di Tanjung Binga. Sebab lebih khas karena ada tugu durian,” katanya sambil tersenyum. (kin)

 

Editor: Subrata
Reporter: Ainul Yakin