E-katalog, Solusi Pengadaan Barang/Jasa

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

TANJUNGPANDAN-Hadirnya e-Katalog memudahkan pemerintah daerah dalam hal kebijakan pengadaan barang dan jasa. E-Katalog adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, speifikasi teknis dan harga barang/jasa tertentu.
Direktorat Pengembangan Sistem Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Jumat (10/4) kemarin melakukan sosialisasi di ruang sidang Pemerintah Kabupaten Belitung. “Sekarang ini memperkenalkan kontrak payung daerah. Produk yang disediakan ditayangkan di E-Katalog,” kata Deputi Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Robin Asad Suryo, usai sosialisasi.
Hadirnya E-Katalog ini instansi pemerintah yang memerlukan barang/jasa tinggal buka website dan langsung beli. Sebab, proses lelang sudah dilakukan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).  E-Katalog disebut-sebut lebih hemat dari sistem lelang.
“Jadi sebenarnya pemerintah daerah tinggal masuk ke website e-katalog. Misalnya kendaraan tingga lihat saja,” kata dia.

Baca Juga:  Mau Nonton Musik, Pulang Jadi Mayat

Baca Juga:  Mencegah Terjadinya Korupsi, PN Tanjungpandan Canangkan Zona Integritas WBK/WBBM

Sementara permasalahan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah sebelumnya lebih rumit. Lamanya proses pelaksaan, hasil pengadaan tidak memuaskan, keterlambatan penyerapan anggaran, ketakutan pengelola pengadaan memproses pengadaan, dan banyak terjadi kasus hukum. (ade)

Tags:
author

Author: