Edaran Bupati Belitung: Mulai Besok Keluar Rumah Wajib Pakai Masker

by -
Edaran Bupati Belitung Mulai Besok Keluar Rumah Wajib Pakai Masker
Foto bersama usai penyerahan bantuan ribuan masker ke kecamatan di Belitung, Rabu (22/4).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung Sahani Saleh menyerahkan ribuan masker ke setiap Kecamatan di Kabupaten Belitung. Penyerahan masker tersebut dilaksanakan kepada masing-masing camat di ruang Sidang Pemkab Belitung, Rabu (22/04) kemarin.

Menurut pria yang karib disapa Sanem, pemberian masker ini sebagai bentuk pelaksanaan lanjutan upaya penanggulangan wabah covid-19 di Kabupaten Belitung. Selain itu, pembangian masker tersebut pula untuk menjalankan program keluar rumah wajib menggunakan masker sesuai edaran Bupati Belitung.

“Masker diberikan ke setiap kecamatan. Kemudian kita minta yang utama diberikan masker, orang di Jalan raya dan area perdagangan, dan mereka yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah,” kata Bupati Belitung kepada Belitong Ekspres.

Dikatakannya, pemberlakuan wajib menggunakan masker saat keluar rumah tersebut, mulai diterapkan Jumat (24/04). Sementara ini, ada 2500 makser yang diberikan oleh Pemkab Belitung kepada seluruh kecamatan, yakni masing-masing kecamatan mendapatkan 500 masker. “Itu baru tahap awal, mungkin nanti akan penambahan, nanti dari camat, silahkan hubungi tim gugus lah,” jelasnya.

Misalkan di jalan raya ditemukan ada orang yang tidak menggunakan masker, akan distop diberikan masker serta himbauan.

“Semua masyarakat, yang melintas sekiranya tidak menggunakan masker akan kita stop dan berikan masker serta himbauan,” terangnya. Namun untuk teknis di lapangan tetap bersama-sama dilakukan Kecamatan setempat, Tim Gugus Tugas Covid-19.

Kemudian, Sanem juga menghimbau juga kepada masyarakat, agar mulai sekarang, keluar rumah gunakan masker. “Saya minta kepada masyarakat, untuk urusan Covid-19 ini, harus disadari dan pahami, bahwa covid-19 ini bisa tertular kepada siapa saja, karena penyebaran antar manusia,” tegasnya.

Maka dari itu, Sanem meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang berkerumunan, atau berkelompok, baik siang maupun malam.

“Tolong dan harus sadari itu, jangan menganggap remeh untuk urusan Covid-19 ini, karena virus ini sudah menyebar. Dari pasien-pasien yang positif di Belitung kemarin, sudah ditracking 700 lebih orang yang pernah kontak dengan pasien-pasien ini. Jadi harus lebih waspada,” tandasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah