EKONOMI

by -

Pemkab Salurkan Kredit Murah untuk UKM

 

TANJUNGPANDAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung berkerjasama dengan pihak swasta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Loperasi (Desperindakop) akan memberikan bantuan modal kepada Usaha Mikro Kecil (UMK) di Belitung. Bantuan ini berupa kredit lunak program penguatan permodalan bagi UMK pada tahun 2016 dengan bungan hanya 3% per tahun.

Kadin  Desperindakop Adnizar (28/1) kemarin, mengatakan, untuk pengutan modal bagi para pelaku UMK di Belitung Pemerintah berkerjasama dengan Bank Sumsel dan PT Timah akan memberikan bantuan modal bagi UMK. Lanjut Adnizar, penguatan permdalan bagi UKM ini dibuka sepanjang tahun 2016. Lantas program ini sudah berjalan sejak tahun 2008 lalu. Dan lebih dari 40 UMK setiap tahunya yang mengajukan kredit lunak ini.

“Untuk jumlah kredit yang diberikan berbeda-beda, tergantung besaran usaha dan jenis kredit yang diajukan. Bunganya sangat lunak hanya 9%.Lantas, pemerintah membatu dengan 6% dan para pelaku UMK hanya membayar 3% saja,” jelasnya.

Papar Adnizar, kredit  yang diberikan minimal Rp 20 juta dan maksimal Rp 50 juta, tergantung dari jenis usahanya. Lantas, untuk kredit yang berjumlah besar sampai miliaran juga bisa melalu lembaga pengolahan dana bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi.(mg1)