Emas, Investasi Menguntungkan Jangka Panjang

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MANGGAR – Maraknya peredaran emas palsu dan investasi bodong, membuat masyarakat takut berinvestasi. Padahal investasi adalah bentuk penyimpanan jangka panjang yang menguntungkan dan aman.

Melihat peluang tersebut, kantor cabang Pegadaian Manggar mengadakan seminar Investasi Emas yang bertujuan mengedukasi masyarakat. Dipilihnya emas karena merupakan investasi terbaik karena cenderung mengalami peningkatan dari sisi harga jual maupun permintaan pasar.

“Seminar ini adalah program kita (Pegadaian, red) untuk mencoba mengedukasi masyarakat. Karena investasi banyak yang bodong sehingga sudah menjadi kewajiban kita, memberitahukan investasi yang baik itu apa, kita berikan gambaran, mereka yang menentukan,” ungkap Firdaus Ardi selaku Asisten Manajer Penjualan Kanwil III Pegadaian Palembang, ditemui di sela-sela seminar, Sabtu (18/4) kemarin.

Baca Juga:  'Melampun' Ala Wabup Belitung Solusi Bagi Pembangunan Daerah

Emas dipilih, kata Firdaus, karena harganya relatif stabil dan cenderung naik setiap tahun. Trend ini tentu menguntungkan bagi investasi jangka panjang dengan asumsi kenaikan harga jual emas.

“Harganya cenderung naik, hanya tahun 2012 turun, sekarang mulai normal lagi. Untuk 1 gram hari ini (Sabtu pekan lalu) Rp.498ribu harga logam mulia,” kata Firdaus.

Sementara itu, Kepala Cabang Pegadaian Manggar, Muhlis menjelaskan, cabang Manggar mampu menyumbangkan barang jaminan terbesar se kantor wilayah III Palembang. Bahkan, 95 persen barang jaminan berupa emas dalam berbagai bentuk.

“Masih ada (masyarakat) yang pakai anting emas 2 gram atau 1,5 gram, dan setiap Kepala Keluarga pasti punya emas,” sebut Muhlis.

Baca Juga:  36 Hari Jelang Pemilu, TNI/Polri Latihan Tripatra

Menurutnya, investasi emas batangan berupa logam mulia memang semakin menunjukkan trend meningkat seiring membaiknya harga emas. “Di cabang Manggar, ada peningkatan 8 hingga 10 persen investasi emas batangan dan logam mulia,” jelas Muhlis.

Ia juga menjelaskan, Kabupaten Beltim merupakan kota ke-19 se Indonesia yang telah menggelar seminar investasi emas yang menjadi program Pegadaian.

“Banyak keuntungan terutama jangka panjang, nilainya juga cenderung meningkat. Sebenarnya investasi apapun silahkan, tapi kami menawarkan emas batangan dan logam mulia sebagai pilihan,”tandasnya. (feb)

Tags:
author

Author: