Erly Siap Giatkan Poskamling

by -

MANGGAR – Resmi menjabat Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) pada Kantor Satpol PP Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Erly Aditama menjadi perempuan pertama menjadi Kasi Trantib se Propinsi Babel. Ia pun menyatakan kesiapannya untuk menciptakan kondisi masyarakat aman dan tertib. Salah satunya, menggiatkan kembali program poskamling di lingkungan masyarakat.

Erly mengatakan, pihaknya berperan penting dalam cipta kondisi ketentraman masyarakat melalui pendekatan pencegahan.

“Kita berusaha melakukan upaya prefentif agar masyarakat merasa nyaman. Keberadaan kami bukan untuk menindak, tetapi mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga ketentraman dan ketertiban. Selebihnya kami serahkan kepada aparat keamanan,” ujar Erly, Jumat (20/2) di ruang kerjanya.

Meski bukan orang baru di Satpol PP, Erly yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga mengaku jabatan sebagai Kasi Trantib menjadi tantangan pekerjaan. Membawahi 62 personil yang rata-rata didominasi laki-laki, Erly dituntut profesional menjalankan tugas. “80 persen personil trantib adalah laki-laki. Jadi saya pun harus siap turun lapangan meskipun harus pulang diatas jam satu malam. Karena yang dihadapi juga beragam seperti datang ke kafe-kafe (THM, red),” kata Erly.

“Saya awam sebagai Trantib, meskipun saya pernah ditugaskan di bagian Damkar, administrasi kantor Satpol PP hingga Tata Pemerintahan. Tetapi dukungan, masukan atasan dan bawahan cukup membantu,” sambungnya.

Erly berujar, ketika dipercaya mengemban tugas sebagai Kasi Trantib, sang suami sempat terkaget-kaget. Sebab, tugas tersebut cukup berat bagi perempuan. Namun, Erly meyakinkan sang suami bahwa tugas harus dijalankan sebagai sebuah amanah. “Ya harus siap, sudah tugas dan kewajiban. Kalau tidak dihadapi kapan akan dapat berkembang,” tegasnya.(feb)