Erwandi Tinjau Sumber Air di Sijuk

by -

SIJUK-Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani meninjau lokasi Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Desa Sijuk, Jum’at (18/9) kemarin. Erwandi berjalan-jalan dan melihat langsung proses pendistribusikan air langsung ke masyarakat.

Erwandi juga terpukau dengan kejernian air tersebut. Berkali-kali ia menyebut airnya sangat jernih tidak keruh sedikitpun. SPAM ini berkapasitas air cukup banyak. Kurang lebih sekitar empat hingga lima hektar air jernih meskipun kemarau saat ini.

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Belitung Rizaldi, bahwa SPAM ini merupakan sumber air terbesar di Kecamatan Sijuk. SPAM ini dibangun melalui dana APBD tahun 2011 dan efektif beroperasi tahun 2014.

“Ini kan diprogramkan untuk Kecamatan Sijuk,” kata Rizaldi di sela-sela menemani Wabup menyaksikan lokasi SPAM.

Sejauh ini SPAM baru melayani empat desa. Yaitu jalur dari Desa Sijuk, Desa Aik Selumar, Desa Tanjung Tinggi, dan Desa Keciput. Rizaldi mengatakan SPAM ini bisa melayani hingga 1000 kepala keluarga. “Istilahnya tuh 10 meter per detik dia menarik air ke pompa itu lah yang digunakan untuk mengalirkan air ke desa. Banyaknya 800 sampai 1000 pelanggan,” kata dia.

Sementara Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani mengatakan agar masyarakat menjaga sumber air baku ini. Menurutnya ini anugrah yang luar biasa. Sumber air banyak dan sangat mencukipi. Hanya yang perlu bagaimana mengalirkan ke desa-desa yang jauh.

Ia meminta kepada masyarakat sekitar untuk menjaganya. “Yang jelas saya minta sekitar ini sawit jangan masuk. Kedua pohon di daerah dekat sini jangan ditebang, karena kan pohon sumber air disini. Makanya itu banyak pohon biarkan dia tumbuh. Sawit ini kan mengisap kebutuhan air berleter-leter per hari,” kata Erwandi.

Erwandi menjelaskan kebutuhan air adalah kebutuhan pokok untuk masyarakat. Apalagi Sijuk adalah daera pariwisata. Bisa jadi ke depan ada yang ingin membangun resort ataupu hotel di Belitung. “Harapan kepada masyarakat saya menghimbau saling jaga,” pungkasnya. (ade)