Erzaldi: Harus Ada Hubungan Industri Timah dengan Sosial Ekonomi

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Gubernur Beberkan 3 Fokus Kebijakan Timah Babelbelitongekspres.co.id, XI’AN CHINA – Di depan para pelaku timah dunia yang hadir dalam Asia Tin Week 2019, di Xi’an, China, Rabu (5/9), Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman menceritakan timah memiliki sejarah panjang di Babel. Menurutnya, perjalanan penambangan timah di Babel sudah lebih dari 250 tahun.

Pada awalnya, deposit timah mudah ditemukan di sekitar 3 – 4 meter di dalam bumi. Kemudian, penambangan timah menjadi lebih sulit dan lebih dalam dan membutuhkan teknologi yang lebih maju.

Kemudian mulai pertengahan 1900-an, eksploitasi penambangan timah di Babel dikenalkan dengan teknologi yang lebih maju yaitu pengerukan.

Saat ini jelasnya, ada ratusan kapal keruk di sekitar Bangka Belitung lepas pantai yang sebagian besar adalah kapal keruk isap. Selain operasi lepas pantai, ada juga operasi penambangan darat.

Baca Juga:  PT Timah Serahkan Bantuan di Turnamen Kasti Gantung

“Dalam kenyataan itu, kita tahu harus ada hubungan erat antara industri timah dan kegiatan sosial-ekonomi Bangka Belitung. Timah adalah salah satu komoditas terpenting di Provinsi Bangka Belitung. Perkembangan ekonomi Bangka Belitung sangat tergantung pada kegiatan penambangan timah, yaitu sekitar 30-40%,” ungkapnya di forum internasional tersebut.

Di sisi lain, lanjutnya, tantangan bisnis penambangan timah semakin kompleks, baik teknis maupun non teknis. Perusahaan harus terus tumbuh dengan melakukan pengembangan.

“Dan kami sebagai pemerintah juga mendorong perusahaan untuk melakukan pengembangan, terutama untuk teknologi pertambangan ramah lingkungan, program rehabilitasi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” tambahnya.

Khusus untuk pengembangan teknologi penambangan, Pemerintah Babel mendorong perusahaan penambangan timah di Bangka Belitung untuk menggunakan teknologi yang lebih maju untuk membuat proses penambangan timah lebih ramah lingkungan.

Baca Juga:  Gubernur Erzaldi Pamerkan JFX di Asia Tin Week

“PT Timah telah mulai melakukan ini dengan menggunakan bore hole mining dan kami juga mendorong perusahaan swasta lainnya untuk mulai menerapkan teknologi yang sama,” ujarnya.

Erzaldi mengakui industri timah adalah tulang punggung perkembangan ekonomi Babel saat ini. Namun Ia percaya dan bertekad untuk membuat pembangunan di Babel berkelanjutan.

“Timah adalah sumber daya alam yang tidak terbarukan, tetapi kami memiliki visi untuk menjadikan timah sebagai sumber daya berkelanjutan untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan bagi rakyat kami,” tandasnya.

Selama berabad-abad, kata Erzaldi, timah dari Babel telah memberikan kontribusi positif untuk memasok permintaan dunia dalam industri timah. Dan ini akan terus dilakukan.

“Karena itu, sebagai Gubernur, saya perlu memulai beberapa kebijakan untuk memastikan bahwa industri timah akan berkelanjutan di Bangka Belitung,” katanya. (raf)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply