Evaluasi Anggaran Pilkada Bateng

by -

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) akan mengevaluasi kembali anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sudah ditetapkan beberapa waktu lalu.
“Kami akan evaluasi pada APBD perubahan sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan Pilkada,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bateng Ibnu Saleh, Selasa kemarin (10/3).
Hal itu dikemukakannya menyikapi anggaran Pilkada yang disahkan sebelumnya sebesar Rp15 miliar untuk dua putaran, sementara berdasarkan aturan terbaru Pilkada hanya satu putaran. “Karena anggaran kami sediakan untuk dua putarab, maka ini perlu dievaluasi kembali untuk mengakomodir perubahan aturan dan penganggaran yang sesuai kebutuhan,” ujarnya.
Ia mengatakan, hasil evaluasi ini akan dituangkan dalam APBD Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran 2015 Bateng. “Evaluasi anggaran juga termasuk untuk Panwaslu dan pengamanan, namun hal ini akan kami komunikasikan dulu dengan pihak KPU, Panwaslu dan Polres agar proses evaluasi bisa dilakukan bersama-sama,” ujarnya.
Ia mengakui belum menerima surat resmi terkait ketentuan Pilkada satu putaran, namun demikian pihaknya sudah mengakomodir perubahan tersebut dalam APBD perubahan.
Ketua KPU Bateng, Suryansyah mengatakan usulan anggaran Pilkada 2015 berdasarkan undang-undang Pilkada yang lama dan anggaran tersebut sudah termasuk proses Pilkada yang diperkirakan berjalan selama delapan bulan. “Dengan adanya perubahan dalam Undang-undang Pilkada, maka penganggaran tetap akan berpatokan dalam aturan yang baru,” ucapnya.(ant/rb)