Evaluasi APBD 2014 per Dinas

by -

TANJUNGPANDAN-DPRD Kabupaten Belitung sedang sibuk-sibuknya melakukan evaluasi APBD Kabupaten Belitung tahun 2014. Pembahasan tersebut bahkan mencapai larut malam.
Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Belitung Junaidi Rachman mengatakan, sudah menyelesaikan evaluasi APBD beberapa dinas. “Seluruh mitra SKPD yang berkaitan dengan Komisi II,” kata Junaidi ketika ditanya mitra mana saja yang berkaitan dengan komisi II.
Beberapa pertanyaan diajukan ke masing-masing SKPD. “Pertanyaannya, misalnya kita evaluasi mana yang batal. Batal karena apa. Mana yang tidak tercapainya,” jelas Junaidi.
Pada pembahasan itu Junaidi berpesan jika ada anggaran yang tidak perlu jangan dianggarkan. “Kalau tidak sesuai jangan. Kalau bisa dikecilkan ya dilkecilkan,” tukasnya.
Sementara Ketua Komisi II Artiansyah meminta kepala dinas hadir di setiap pembahasan evaluasi. Ia meminta pembahasan ini dilakukan profesional. “Kami ingin membahas anggaran ini harus dihadiri kepala dinas. Jadi kami tidak mau main-main karena menyangkut khalayak ramai,” tegas pria yang biasa dipanggil Pak Go.
Misalnya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, kepala dinasnya belum bisa hadir karena masih berada di luar daerah. “Kepala Dinas Pariwisata tidak ada di tempat. Kami tidak bahas hari ini (kemarin,Red), jadi kita undur waktu pembahasan,” tukasnya.
Ia juga menyampaikan belum mau membahas evaluasi jika tidak disertakan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI. Sejauh ini LHP baru diberikan ke Sekwan dan Ketua DPRD. “LHP nya dulu baru kami ingin lanjut ke pembahasan. Kami ingin LHP ada ke ketua komisi masing-masing,” ujarnya.
Sementara Sekretaris Dewan Thohari Warsito mengatakan, pembahasan evaluasi ini memakan waktu dua hari. Pembahasannya bisa sampai larut malam.  “Paling hari ini sampai besok, (hari ini,red)  juga sampai malam pembahasannya,” tukasnya. (ade)