Fasilitasi KB Muspida Kontribusi Nyata Pelayanan KB

by -

‎KELAPA KAMPIT – Gubernur Kepulauan Bangka-Belitung (Babel), H. Rustam Efendi yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang SDM dan Sosial Kemasyarakatan, Hj. Syafitri memukul gong menandai diresmikannya Kegiatan Fasilitasi KB Muspida Provinsi Kepulauan Babel Tahun 2016, di Dusun Selindang Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit, Kamis (19/5) kemarin.
Hadir dalam kegiatan ini Asisten I Bupati Beltim Bidang Pemerintahan, Sarjano, Pejabat BKKBN Provinsi Kepulauan Babel, Pejabat Badan Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak (BPKBPA) Provinsi Kepulauan Babel, Forkominda Kabupaten Beltim, Pimpinan SKPD dan Camat di lingkungan Pemkab Beltim, serta pengurus organisasi kewanitaan di Kabupaten Beltim.

Ketua Panitia Pelaksana, Rakhmawaty menjelaskan kegiatan ini merupakan kontribusi nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan, khususnya pelayanan pada daerah terpencil, daerah tertinggal di perkotaan dan masyarakat keluarga kurang mampu. Jika di tahun sebelumnya Kegiatan Fasilitasi KB dilaksanakan di ibu kota kabupaten maka sejak tahun ini kegiatan difokuskan di Kampung KB.
“Kegiatan ini adalah upaya kongkrit Pemprov Kepulauan Bangka-Belitung dalam meningkatkan pelayanan keluarga berencana pada keluarga sasaran. Dengan Fasilitasi KB Muspida masyarakat akan lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dan penyeluhan KB terutama terhadap terhadap keluarga yang berada di daerah jauh dari pusat pelayanan statis seperti halnya Kampung KB,” jelas Rakhma.
Ia menambahkan dalam kegiatan ini dilaksanakan pelayanan KB MOP dan MOW, pembagian alat kontrasepsi, sembako, uang tunggu, Konseling, serta Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dari unsur Forkominda serta SKPD dan lintas sektor terkait di Provinsi dan Kabupaten.
“Penyelenggaraan kegiatan ini dilaksanakan di 7 Kabupaten/ Kota di Provinsi Bangka-Belitung. Bagi para akseptor KB yang sudah selesai melakukan pelayanan KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang akan diberikan sembako dan uang tunggu. Tiap kabupaten kita siapkan 200 paket,” tandas Rakhma. (feb)