Fenomena Teknologi Di Kalangan Pelajar

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Oleh HERIYANTO,S.H.I.*

Kata Fenomena Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fenomena berarti hal-hal yang dapat disaksikan dengan panca indera dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah. Sedangkan menurut KBBI teknologi dapat diartikan metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi keberlangsungan hidup manusia.
Menjadikan fenomena teknologi secara harfiah dapat diartikan kebutuhan sarana manusia secara praktis (dalam hal ini meliputi komunikasi dan internet) yang dapat dipantau atau dilihat dengan panca indera. Masyarakat di Indonesia khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya telah mengalami banyak perkembangan dalam hal teknologi. Mulai dari teknologi komunikasi maupun internet serta social media. Contohnya saja penggunaan smartphone dikalangan pelajar mulai dari pelajar sekolah dasar sampai mahasiswa ataupun penggunaan komputer  tablet yang semakin mudah dijumpai di tangan pelajar masa kini.

Penggunaan teknologi dan kebutuhannya menjadi sangat penting untuk pelajar pada saat ini, dengan fitur yang memadai dan canggih teknologi menjadi sulit untuk dipisahkan dengan kehidupan mereka. Pembaharuan dan penyempurnaan gadget yang semakin hari semakin mutakhir dan entertaining membuatnya makin digemari.
Contohnya, tren yang sedang menjamur di kalangan pelajar dalam hal teknologi komunikasi adalah Blackberry Messenger yang sering disebut BBM. BBM menjadi alat komunikasi pengganti SMS maupun telepon pada masa kini. BBM dilengkapi dengan fitur di dalamnya yang dapat mengirim pesan, suara, gambar maupun file lagu membuat aplikasi ini digilai masyarakat Indonesia. Digandrungi karena kepraktisannya, tidak terkecuali bagi pelajar dan remaja.
Bahkan pengguna ponsel aktif di jaman sekarang mempunyai sebutan yaitu “Generasi Menunduk”. Generasi menunduk dapat diartikan juga orang yang selalu menggunakan ponselnya di manapun ia berada, tidak peduli itu di tempat umum sekalipun.

Baca Juga:  Berlatih Menulis Cara Cerdas untuk Belajar

Selain perkembangan komunikasi yang semakin canggih, para pelajar di Indonesia berbondong-bondong mengggunakan gadget maupun ponsel keluaran terbaru untuk mengakses internet, terlebih lagi jika ponsel tersebut dapat menyediakan jaringan yang baik.
Dengan begitu, penggunanya dapat mengakses jaringan internet dengan baik dan cepat tanpa buffering. Sebab, selain provider yang digunakan, kapasitas ponsel yang baik menjadi salah satu penunjang kecepatan internet itu sendiri. Olesh sebab itu, pada dasarnya manusia khusunya remaja maupun pelajar suka hal yang serba praktis dan cepat.
Karenanya, banyak dari mereka yang tidak segan-segan merengek maupun merajuk kepada orangtua mereka untuk dibelikan ponsel keluaran terbaru maupun gadget lainnya untuk mengakses internet. Sebab, pada jaman sekarang ini perkembangan internet yang sangat pesat dan banyaknya informasi yang dapat diakses diinternet membuat para remaja mudah mencari informasi yang mereka inginkan, bahkan untuk membantu mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah.

Di dalam internet itu pun terdapat berbagai macam social media yang dapat di akses yang tentu saja sangat digemari remaja maupun pelajar di Indonesia. Tercatat ratusan ribu pengguna facebook dan twitter adalah pelajar Indonesia.
Kemudahan mengakses fitur-fitur di dalam social media itu sendiri membuatnya sangat lekat dengan kehidupan remaja dan pelajar Indonesia. Kesenangan yang didapat bukan hanya dari fiturnya saja, namun percakapan dan berbagi informasi dengan teman adalah alasan utama social media banyak digunakan pelajar Indonesia.
Tak jarang pula dengan social media penggunanya dapat mencari kenalan maupun teman lama yang sudah lama tidak bertemu dan saling mengobrol di social media tersebut. Selain social media, banyak juga aplikasi messenger yang bermunculan, sebagai pengganti Blackberry Messenger yang terbatas dan terpaku hanya dapat digunakan di smartphone Blackberry. Sekarang banyak bermunculan aplikasi messenger baru yang dapat di akses oleh hape Android.
Dalam perkembangannya yang sangat pesat, remaja maupun pelajar yang pada dasarnya mempunyai ketertarikan akan hal baru langsung berbondong-bondong membuat akun di aplikasi-aplikasi tersebut. Tidak heran jika suatu saat nanti perkembangan dunia internet dan social media akan mendominasi kehidupan manusia. Karena jika dibandingkan dengan bertemu langsung ataupun menelepon, bercakap-cakap melalui sosial media dan messenger mempunyai keseruan dan kesan tersendiri. Terlebih lagi untuk pelajar dan remaja yang mempunyai uang saku yang terbatas, jika harus mengobrol di cafe ataupun menlepon berjam-jam yang membuat mereka mengeluarkan uang lebih, social media dan messenger akan membuat mereka lebih hemat dan praktis.(***)

Baca Juga:  Guru Generasi Millenial

*)Guru PAI SMP Negeri 4 Gantung

Tags:
author

Author: