Festival Ceria Imlek di Desa Rebo

by -

Wabup : Semoga Ini Menjadi Pemersatu Antar Etnis

SUNGAILIAT – Festival Ceria Imlek diharapkan dapat dapat menjadi pemersatu dalam rangka menjalin kekompakan antar etnis dengan saling menghormati untuk meningkatkan kebersamaan dan kesatuan didalam perbedaan budaya dan agama. Demikian harapan Wakil Bupati Bangka Drs. Rustamsyah saat membuka Festival Ceria Imlek di Desa Rebo, kemarin (26/2).
Wabup juga berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai penunjang pariwisata yang ada di Desa Rebo. “Semoga ini dapat menjadi penunjang pariwisata,” kata dia. Wabup juga mengharapkan, tahun baru Imlek dapat membawa kebahagiaan, keberuntungan dan kesejahteraan bagi semua. “Mari kita jadikan tahun baru ini sebagai tahun perubahan untuk menjadi lebih banyak berbuat kebajikan dan meningkatkan kepedulian sosial terhadap sesama,” harapnya.
Melalui momentum ini juga wabup berharap peringatan tahun baru Imlek dapat bersatu dalam rangka menjalin kekompakan antar entis dengan saling menghormati untuk meningkatkan kebersamaan dan kesatuan didalam perbedaan budaya dan agama.
Bong Khun Chai selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama unsur Desa Rebo, pemuda sarjana penggerak pembangunan perdesaan dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Makin dan PAKIN Sungailiat.
“Perlu diketahui, Desa Rebo ini mempunyai keragaman etnis, pemandangan yang indah serta mempunyai Puri Tri Agung yang merupakan tempat wisata religi nan indah. Ini kita harapkan dapat menjdi salah satu daerah destinasi wisata yang baru di Bangka ini,” ungkapnya.
Lanjutnya, untuk peringatan tahun baru Imlek di Desa Rebo ini sendiri dilakukan setiap tahunnya. Namun pada tahun 2015 ini, pihaknya bersama Disbudpar Bangka serta pihak lainnya memperingati Tahun Baru Imlek ini dipusatkan di Desa Rebo. “Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pendidikan dan pemahaman kepada generasi muda bahwa kita memiliki banyak keanekaragaman budaya dan multi etnis sesuai dengan tema yang ada,” tambahnya.
Adapun acara penunjang Festival Ceria Imlek meliputi lomba menyanyi lagu mandarin, lomba mewarnai, lomba busana ceria imlek, pelepasan lampion, penyajian 1000 mangkuk kue sakian dan pesta kembang api.(rif)