Festival Geopark Belitong IV Gali Potensi Geo Batu Bedil

by -
Festival Geopark Belitong IV Gali Potensi Geo Batu Bedil (2)
Pembukaan Festival Geopark Belitong IV 2019 Jelajah Pesona Geosite Batu Bedil, Jumat (29/11) kemarin.

belitongekspres.co.id, SIJUK – Bupati Belitung, Sahani Saleh, membuka Festival Geopark Belitong IV 2019 Jelajah Pesona Geosite Batu Bedil, Jumat (29/11/2019) kemarin. Pembukaan ditandai dengan bepangkak (mengadu) timong yang dilakukan oleh Bupati Belitung Sahani Saleh, Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiyono, dan Ketua BP Geopark Belitung, Ubaidilah.

“Festival ini terdiri dari berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan alam itu sendiri. Baik yang sifatnya geologis maupun flora dan faunanya,” kata Bupati Belitung Sahani Saleh saat ditemui Belitong Ekspres usai pembukaan acara.

Mengunjungi Geopark Batu Bedil bukan sekedar menikmati keindahan alam yang ada. Lebih dari itu, menjadikan edukasi yang berkenaan dengan muatan geopark, yakni bio diversity seperti flora dan faunanya. Karena kaitannya kompleks, baik yang ada di darat maupun di laut.

“Ciri khas keunikan batu, ada batu mata angin, batu love, adanya singkronisasi antara pantai, laut dan pulau- pulau berkenaan dengan Batu Bedil ini,” jelasnya. Bupati berharap, ke depan Geopark Batu Bedil bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang berbasis Edukasi.

Sementara itu, Pengurus BP Geopark Belitong, Yudianto, mengatakan, Batu Bedil punya potensi yang luar biasa. Karena di Batu Bedil semua unsur Geopark terpenuhi, keberagaman geologi, keberagaman biologi dan budayanya.Festival Geopark Belitong IV direncanakan akan berlangsung selama 3 hari, hingga Minggu (01/12.2019).

“Di sini tidak hanya batu granit, ada flora dan fauna juga banyak. Dan yang pasti, mereka punya legenda di sini. Seperti Sumur Beracun, Batu Kopong, Batu Bedil, dan masih banyak lagi yang bisa kita gali,” paparnya.

Pihaknya berharap Geosite Batu Bedil menjadi sebuah paket, sebagai alternatif kunjungan wisata. “Kita mulai mempromosikan kepada wisatawan seputar potensi wisata, yakni kekayaan alam yang dimiliki Geosite Batu Bedil. Jika mengunjungi Batu Bedil tak cukup hanya 1 hingga 2 jam, harus lebih. Karena ada banyak yang bisa dijelaskan untuk diketahui,” terangnya.

Editor: Subrata
Reporter: Doddy Pratama