Festival Ngerepak Durin 2020 Sukses dan Meriah

by -
Festival Ngerepak Durin 2020 Sukses dan Meriah
Bupati Belitung, Sahani Saleh, saat membuka kegiatan Festival Ngerepak Durin Belitung 2020 di Kelekak Durin Gunong Sang Dusun Aik Gede Desa Kembiri Kecamatan Membalong Sabtu (11/1/2020).

belitongekspres.co.id, MEMBALONG – Festival Ngerepak Durin Belitung 2020 di Kelekak Durin Gunong Sang Dusun Aik Gede Desa Kembiri Kecamatan Membalong Minggu (11/1/2020) berlangsung meriah dan sukses. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung.

Selain acara Ngerapak durian, pada kegiatan wisata tersebut juga diadakan kontes durin, lomba nepuk durin, lomba ngolah durin, lomba makan durin, lomba joget durin dan lomba memilih durin terenak.

Pj. Kepala Desa Kembiri, Zuhari, dalam laporannya mengatakan, untuk ke depanya selain mengembangkan dan menyelenggarakan festival ngerepak durin, pihaknya juga ingin menambah aneka jenis buah-buah lainya seperti tanaman kopi.

“Desa Kembiri ini sebenarnya kaya. Banyak kekayaan alam yang bisa dikembangkan. Tinggal bagaimana kita memantaunya, salah satu destinasi (wisata) adalah air terjunnya,” ujar Zuhari.

Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) dalam sambutannya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi mensukseskan even-even kepariwisataan, salah satunya kegiatan festival ngerepak durin yang dilaksanakan.

Sanem juga mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan dan memanfaatkan potensi alam sekitar sebagai peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ke depannya, festival ngerepak durin ini akan lebih disempurnakan lagi untuk menambah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Belitung. Kita akan mengandalkan wisata buah-buahan, salah satunya durian” ujar Sanem.

Menurutnya, festival ngerepak durin Belitung ini merupakan salah satu potensi promosi wisata yang harus didukung pelaksanaannya. Dengan menanamkan kesadaran kepada setiap masyarakat terhadap pentingnya peranan masyarakat di lingkup Desa terhadap kelestarian alam dan lingkungan hidup sebagai daya tarik wisata yang berkelanjutan.

“Melalui kegiatan ini, saya mengajak masyarakat dan seluruh jajaran Pemerintahan Desa Kembiri Kecamatan Membalong untuk bersama meningkatkan peran serta untuk menjadi masyarakat yang kreatif, inovatif dan sadar wisata, yang mampu menciptakan iklim kondusif serta mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Belitung,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan peresmian Festival Ngerepak Durin Belitung oleh Bupati dan Wakil Bupati Belitung yang ditandai dengan mengupas dan makan durian. Hadir pada acara ini unsur Forkompinda, Dandim 0414 Belitung, Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Kapolsek Membalong, Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Belitung, para kepala SKPD dan tamu undangan lainnya. (rez/rel)

Editor: Subrata