Festival Tanjung Kelayang Akan Digelar 15-19 November 2020

by -
Festival Tanjung Kelayang Akan Digelar 15-19 November 2020
Kepala Dinas Pariwisata Belitung, Jasagung Hariyadi.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung berkomitmen untuk membangkitkan gairah perekonomian di Negeri Laskar Pelangi, dengan menggelar sejumlah event. Salah satu kegiatan paling ditunggu adalah Festival Tanjung Kelayang 3 Tahun 2020.

Rencananya kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 15 hingga 19 November 2020 mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, diperkirakan wisatawan dari luar Belitung, akan datang. Bahkan dalam acara nanti, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung akan mengundang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi mengatakan, ada belasan event yang akan dilaksanakan menjelang akhir tahun 2020. Salah satunya Festival Tanjung Kelayang.

Tak tanggung-tanggung, dalam kegiatan tersebut Pemerintah Daerah Belitung sudah menganggarkan dana kurang lebih Rp 600 juta. Bahkan acara juga tidak kalah meriah dengan event Tanjung Kelayang sebelumnya.

Namun kali ini berbeda. Dalam kegiatan nanti, tetap menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, artis atau penari yang akan tampil diwajibkan memakai masker dan pelindung wajah yang terbuat dari plastik (Face Shield).

“Selain Festival Tanjung Kelayang, saat ini yang sudah terdaftar ada 18 event. Bahhan ada event yang sudah berjalan. Seperti bazar kreatif dan lomba layang-layang. Kemungkinan akan bertambah,” kata Jasagung kepada Belitong Ekspres, Selasa (19/10).

Jasagung menjelaskan, sebelum kegiatan Festival Tanjung Kelayang, Dinas Pariwisata akan menggelar Festival Desa Wisata. Rencananya kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Teluk Gembira, Kecamatan Membalong.

Kegiatan tersebut akan berlangsung pada Jumat (22/10) hingga Senin (25/10) nanti. Tujuan dari Dinas Pariwisata Belitung menggelar kegiatan tersebut, untuk memulihkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Untuk bazar kreatif kita akan laksanakan selama tiga kali. Pertama dilaksanakan di Tanjungpendam September 2020 lalu. Kedua di Membalong, dan ketiga di Tanjungpendam awal Desember nanti,” jelasnya.

Dia menambah, pada saat bazar pertama beberapa waktu lalu dinilai sukses membangkitkan sektor perekonomian di Belitung. Sebab, pada saat itu perputaran uang bisa mencapai ratusan juta.

Tidak hanya itu, penjual makanan dan kerajinan setelah acara, mereka kebanjiran pesanan. “Bahkan setelah acara, penjual pun masih banyak pesanan,” katanya. “Kami berharap, adanya event-event ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah Pandemi Covid-19,” pungkas Jasagung. (kin)