Fezzi Ingatkan Penyebaran Covid Jadi Perhatian Pemda Beltim

by -
Fezzi Ingatkan Penyebaran Covid Jadi Perhatian Pemda Beltim
Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja mengingatkan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Belitung yang tinggi harus menjadi perhatian bagi Pemerintah daerah Beltim. Ia justru mempertanyakan apakah proses tracking sudah dijalankan dengan prosedur.

“Kita harus memandang Beltim dan Belitung satu kesatuan pulau Belitong. Dengan akses yang mudah. Oleh karena itu, sebenarnya kita di Beltim jangan melihat Belitung tinggi (kasus positif Covid). Sekarang kita di Beltim ini test kita sudah benar atau belum yang jelas sekarang sudah penularan transmisi lokal,” ungkap Fezzi, Selasa (27/4).

Kondisi tersebut, kata Fezzi, menyebabkan siapapun bisa tertular Covid. Apalagi tanpa diikuti dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. “Kapan saja, dimana saja, orang bisa terkena kalau memang tidak patuh terhadap prokes.

Oleh karena itu pemda, kita berkaca dengan India yang kasusnya melonjak. Ini juga, karena ada momen mereka festival keagamaan. Daerah harus bisa mengantisipasi hal-hal tersebut,” jelas politisi PDI Perjuangan tersebut.

Menurut Fezzi, hal serupa juga sangat mungkin terjadi di Beltim apabila ada pengabaian terhadap protokol kesehatan. “Kita tau ini bulan ramadan hari ke-15 dan sebentar lagi Idul Fitri. Dan ini puncak-puncaknya pergerakan masyarakat. Kita tidak bisa mencegah pergerakan masyarakat karena ini memang acara hari raya setahun sekali. Tetapi yang perlu kita pikirkan agar masyarakat dalam melakukan pergerakan-pergerakan patuh terhadap prokes,” bebernya.

Karenanya, Fezzi meminta Pemda Beltim harus menggerakkan kembali sosialisasi di tempat keramaian atau berkumpulnya masyarakat. Sampaikan pentingnya penerapan 5 M agar penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan.

“(Sosialisasi) jangan kendor. Misalnya pada saat jam-jam orang mencari pebukaan (takjil), harus ada yang mengontrol ke tempat masyarakat berkumpul. Pelaku-pelaku ekonomi juga harus diingatkan, jangan nanti yang jualan justru tidak pakai prokes,” sebutnya.

“Saya menghimbau mari bersama-sama melakukan sosialisasi mengingatkan masyarakat tentang 3M dan 5M. Dan tidak hanya sebatas pasang spanduk. Tapi action secara langsung sebab kita ingin ekonomi bisa jalan dan penyebaran covid bisa terkendali,” pungkasnya. (msi)