Fhitrorozi, Plt Ketua Pembina

by -

TANJUNGPANDAN-Semenjak Ketua Pembina Lembaga Adat Belitung H Syahroel Siman tutup usia, otomatis jabatan tersebut kosong. Padahal,  beberapa bulan ke depan banyak even yang bekaitan dengan lembaga adat, salah satunya maras taun.

Tapi, Senin (16/2) kemarin para tokoh adat memilih pelaksana tugas (plt) Ketua Pembina Lembaga Adat Belitung di Rumah Adat Belitong. Terpilihlah Fhitrorozi sebagai Plt mengisi kekosongan. Fitro sapaannya terpilih melalui penunjukan langsung.

“Tokoh masyarakat menginginkan perlu adanya Plt. Sebab, ketua lembaga adat definitif harus ada bulan Maret 2015. Karena agenda bulan itu banyak yang melibatkan ketua lembaga adat. Dari beberapa tokoh perlu adanya orang muda yang tampil,” kata Fitro ditemui di Kantor Camat Tanjungpandan, Selasa (17/2) kemarin.

Para tokoh menginginkan tokoh muda yang tampil. Begitu juga Bupati Belitung Sahani Saleh yang mendesak agar diisi Plt sepakat tokoh muda harus banyak tampil, karena lebih energik. “Aku sendiri secara pribadi dalam kontek kebudayaan adalah tongkat bukan pilar yang penyangganya adalah tokoh tua,” tukas Fitro.
Lantas, mengisi waktu jelang maras tahun ini, Fitro sedang mempersiap struktural untuk mendapatkan ketua definitif. (ade)