FKDK BPDSI Gelar Seminar dan Rakernas 2021 di Belitung

by -
FKDK BPDSI Gelar Seminar dan Rakernas 2021 di Belitung
Foto bersama dalam Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional  tahun 2021 bertempat di Hotel Bw Suite Kabupaten Belitung.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Forum Komunikasi Dewan Komisaris Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (FKDK BPDSI) menggelar Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2021 bertempat di Hotel Bw Suite Kabupaten Belitung.

Acara seminar dan Rakernas yang dilaksanakan selama dua hari dari 31 Maret hingga 1 April 2021, dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah dengan ditandai oleh pumukulan gong.

Ketua Forum Komunikasi Dewan Komisaris Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia, Farid Rahman mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan untuk anggota FKDK BPDS. Kali ini dihadiri oleh 22 Bank Pembangunan Daerah (BPD), karena Bank Jateng, DIY dan Riau Kepri, DKI dan Kalsel berhalangan hadir.

Menurut Farid, Rekernas tahun 2021 ini bertema ” Digital Banking”, karena di masa pandemi Covid-19 ini merupakan sesuatu hal yang harus dipahami. Kemajuan teknologi tentu sangat memudahkan bagi masyarakat. “Rakernas kali sudah diprogramkan, ada kepengurusan baru 2020-2023 dan ditetapkan tahun ini Rakernas di wilayah barat,” kata Farid kepada Belitong Ekspres, Rabu (31/3).

Farid menerangkan tujuan kegiatan ini untuk silaturahmi dan seminar mengenai digital banking. Sebab ada sesuatu yang sangat penting untuk dibahas. Sehingga terjadi pertukaran informasi serta menambah pengetahuan dalam rangka komisaris itu mengadakan fungsi pengawasan dan penasehatan untuk BPD masing-masing.

“Seminar tadi cukup baik dan pesertanya aktif memberikan masukan, kami juga mengundang OJK KR 7 Sumbagsel. Saya salut saya pak Edi koordinator FKDK wilayah Barat ini,” ujar Farid.

Dia menambahkan dalam seminar ini ada beberapa peserta yang baru, dan mereka juga senang bisa ikut aktif. Tentunya hal ini menjadi sejarah kedepannya karena FKDK sangat bermanfaat untuk anggota, BPD dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Harapan khusus agenda ini semakin meningkatkan soliditas kita, semakin mengetahui peran dan fungsi dari dewan komisari, dan tentunya membuat BPD seluruh Indonesia jadi lebih maju,” harapnya.

Sementara itu Koordinator FKDK BPDSI Wilayah Barat Edi Junaidi mengucapkan terimah kasih kepada pengurus FKDK BPDSI Pusat, karena penyelanggaraan Rekernas 2021 ini dilakukan di wilayah Barat. Dalam hal ini Bank SumselBabel ditunjuk sebagai tuan rumah acara FKDK BPDSI.

“Memang sudah menjadi kesepatakan rakernas itu dilakukan setiap tahun, dan menjadi agenda rutin dan lokasinya pun bergilir dari wilayah Timur ataupun Barat,” kata Komisaris Utama PT BPD Bank SumselBabel tersebut.

Edi Junaidi menyebutkan alasan memilih Belitung menjadi lokasi Rakernas itu, karena merupakan salah satu wilayah kerja Bank SumselBabel. “Kami tau Belitung memiliki potensi yang cukup besar, baik wisatanya dan objek yang lainnya. Kesempatan ini juga untuk menarik orang berkunjung ke Belitung,” jelasnya.

Apalagi kata dia, dahulu Belitung merupakan bagian dari Sumsel, sehingga hal itu tidak bisa terlupakan. “Saya juga berharap setelah kegiatan ini FKDK BPDSI akan semakin akrab, silaturahmi semakin guyub sesuai dengan tujuan berdirinya forum ini,” tukasnya.

Pembukaan acara juga dihadiri oleh Asisten III Bidang Administrasi Setda Sumatera Selatan Edwar Juliartha, Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah, Direktur Utama Bank SumselBabel Achmad Syamsuddin, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Belitung Ir. Hermanto dan tamu undangan lainnya. (dod/adv)