Fokus Urus Daerah, Enggan Bicara Pilgub

by -
Erzaldi Rosman (kiri) dan Bupati Belitung Sahani Saleh saat bertemu, kemarin.

*Spekulasi Pertemuan Erzaldi-Sanem

Erzaldi Rosman (kiri) dan Bupati Belitung Sahani Saleh saat bertemu, kemarin.

TANJUNGPANDAN – Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman dan Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) sepakat fokus memikirkan kabupaten masing-masing daripada saat ini membicarakan pemilihan Gubernur Bangka Belitung 2017 mendatang.

Sebelumnya diwacanakan sejumlah pemuda yang menamai Pemuda Jaya menginginkan pasangan Erzaldi dan Sanem maju pada pilgub 2017 mendatang. Alasannya dua sosok ini adalah yang dinginkan rakyat.

“Itu kan orang yang wacana, silahkan saja, saya prinsipnya sama dengan pak Sanem saya konsentrasi dengan Bangka Tengah. Saya Bupati Bangka Tengah dan sekitarnya masih memfokuskan itu,” kata dia usai melakukan pertemuan di ruang kerja Bupati Belitung Rabu (20/4) kemarin.

Erzaldi sendiri baru saja terpilih dan dilantik pada pemilihan kepala daerah serentak beberapa waktu lalu. Meski belum memikirkan maju pilgub, Erzaldi menghargai jika ada masyarakat menginginkannya maju. Ketika ditanya wartawan mau apa tidak, ia menjawabnya santai.

“Akan terjawab dengan waktu. Karena bagaimanapun keputusan kita mencalonkan ini kita melihat antusias masyarakat, kita tanya masyarakat, kita tanya keluarga, kita tanya juga siapa yang mau dengan kita. Bisa saja, biar waktu yang akan menjawabnya. Mudah-mudahan, kita konsentrasikan dulu, jangan sampai masalah politik nanti masyarakat terabaikan,” jelasnya.

Lalu jika berandai-andai nantinya dia benar maju, dengan siapa dia berpasangan. “Saya dengan siapa saja cocok, tapi itu tadi waktu yang menjawabnya,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) ingin memanfaatkan sisa jabatannya mengerjakan Kawasan Ekonomi Khusus (KeK) Pariwisata hingga tuntas. KeK pariwisata yang baru saja didapat masih banyak kekurangan. Terutama dari sisi kelengkapan dokumen dan infrastruktur pendukung.

Maka, kata Sanem, satu tahun terakhir ini dia akan fokus mengurusi KeK Pariwisata. Hal ini terkait adanya sekelompok pemuda yang mendeklarasikannya untuk maju pada pilgub 2017 nanti. “Sekarang belum ada yang minang, belum ada mikir-mikir (maju pilgub). Tapi memang ada wacana masyarakat memang ada selentingan. Tapi aku masih memfokuskan tahun-tahun ini persoalan itu (KeK Pariwisata),” kata Sanem usai menghadiri acara peringatan HUT Satpol PP di halaman kantor Bupati, Senin (18/4) kemarin.

Menurut Sanem, banyak persoalan dalam rangka persiapan KeK Pariwisata ini. Mulai dari kelengkapan berbagai dokumen dalam rangka pembangunan infrastruktur. “Misalnya aksi daripada kawasan KeK kemarin. Kita masih melengkapi berbagai macam dokumen, baik itu perangkat lunak maupun administrasi dari pembangunan infratruktur,” kata dia.

Dia secara tegas menjawab belum sempat terfikir. Namun ia sudah pernah mendengar selentingan beberapa masyarakat di Bangka dan Belitung menyebut namanya dipasangkan dengan Erzaldi yang kini menjabat sebagai Bupati Bangka Tengah. “Masih memikirkan itulah (KeK Pariwisata) tugas itu, tapi lum ada wacana gitu, kalau orang wacana begitu, itu kan adalah hak. Jabatan bukan suatu target dalam kehidupan, tapi apa yang bisa kita perbuat untuk kebaikan orang banyak. Jabatan itu hanya alat,” tegasnya. (ade)