Forum Anak Belitong Dibentuk

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

kiri 1-forum anak

banner 1200x200

Wabup Erwandi A Rani saat foto bersama dengan anak-anak.

TANJUNGPANDAN-Di era modern ini anak-anak bebas mendapatkan informasi. Akibatnya berbagai permasalahan anak kini banyak bermunculan. Mulai sek bebas, narkoba, dan sejumlah kenakalan yang bisa memicu tindak kriminal lainnya.

Kini sudah ada forum anak sebagai fasilitator. Forum ini berfungsi sebagai penghubung antara anak dengan pemerintah. Fasilitator Forum Anak Belitong, Muhammad Ammar mengatakan, forum ini dibentuk untuk menyuarakan suara dari rekomendasi anak.

“Isinya aspirasi anak yang kumpul disini, kemudian minta ke pemerintah untuk mengurangi masalah anak,” kata Ammar, di sela-sela acara penguatan kelembagaan forum anak tahun 2015 yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Belitung.
Di forum ini dipilih 10 anak yang tugasnya penghubung aspirasi antara anak-anak dan pemerintah. Lantas, aspirasi disampaikan melalui audiensi.

Baca Juga:  Hari Ini Film Pelangi Bhayangkara Diputar

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lishatisa mengatakan, seorang anak diberi hak berkomunikasi dan dapat berpartisipasi mengemukakan pendapat. Dengan begitu, permasalahan anak bisa dikurangi.

Baca Juga:  PMI Belitung Berhasil Kumpulkan 66 Kantong Darah

Berdasarkan catatan di bidangnya, tahun 2014 lalu kata dia ada 63 kasus yang berkaitan dengan anak. Tahun 2015 hingga bulan April ini ada tiga kasus. Meski demikian banyak kasus yang tidak dilaporkan.
“Kalau kekerasan terhadap anak kami sudah punya pelayanan terpadu. Tapi kalau di Belitung ini kalau melapor ini keliatannya masih tabuh,” ujatnya.

Padahal ia mengaku sudah memasang baliho, sosialisasi di radio, dan dibentuk kelompok ini di setiap desa. (ade)

Rate this article!
Tags:
author

Author: