Forum Putra Putri Daerah Salurkan 5 Ribu Karung Beras Bagi Warga 39 Desa

by -
Forum Putra Putri Daerah Salurkan 5 Ribu Karung Beras Bagi Warga 39 Desa
Afa menyerahkan bantuan beras secara simbolis.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Sebanyak 5 ribu karung beras menyalurkan kepada warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Bantuan tersebut merupakan sumbangan Forum Putra Putri Daerah Peduli Covid-19 Kabupaten Beltim bersama Forkominda.

Forum yang diketuai Kamarudin Muten (Afa) sejak awal telah membuka donasi untuk membantu penanganan dan pencegahan wabah Covid-19 di Beltim.

Bersama Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja dan anggota DPRD Beltim Jimmy Tjong, Harjanto Johannes dan Tjong Jung Min, Forum Putra Putri Daerah cukup memberikan kontribusi dalam berbagai kegiatan dan bantuan.

Diawal pergerakan, Forum Putra Putri Daerah menyerahkan bantuan cairan disinfektan, hand sanitizer, masker dan thermogun kepada Polres, Kajari dan Pemerintah Daerah.

Aksi selanjutnya, Forum Putra Putri Daerah melakukan pembagian masker gratis di berbagai tempat keramaian, Kecamatan maupun perkantoran.

Pembagian masker gratis juga disertai himbauan dan ajakan untuk mematuhi pemerintah selama pandemi belum berakhir.

Forum Putra Putri Daerah juga menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) yang diperlukan tim medis maupun relawan melalui Pemerintah Daerah.

Adapun APD yang diserahkan meliputi baju hazmat, sarung tangan medis, masker medis, thermogun dan face shield.

Terakhir, mereka membagikan 5 ribu karung beras kepada masyarakat selama 4 hari dengan pembagian wilayah Kelapa Kampit-Damar, Manggar-Simpang Renggiang, Gantung, Simpang Pesak-Dendang.

“Data warga yang menerima bantuan beras kita dapatkan dari desa masing-masing. Jadi seluruh Desa yang jumlahnya 39, semua kita bagi secara proporsional,” ujar Afa.

Menurut Afa, jajaran Forkominda sangat membantu kelancaran kegiatan yang dijadwalkan Forum Putra Putri Daerah. Bahkan mereka terlibat aktif pada saat aksi pembagian bantuan di setiap kali kesempatan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pak Bupati, Ketua dan anggota DPRD Beltim, pak Kapolres dan pak Kajari. Apa yang telah diperbuat merupakan bentuk solidaritas kita bersama sebagai putra daerah yang peduli,” sambut Afa.

Ia juga menyebut, kegiatan Forum Putra Putri dapat terlaksana karena bantuan donatur yang menyumbangkan materi meskipun tidak secara langsung menghadiri kegiatan. Meski demikian, laporan pertanggungjawaban serah terima barang dan bantuan tetap diketahui bersama-sama.

“Terima kasih kepada donatur, baik yang ada di Beltim, Belitung maupun diluar daerah bahkan negara lain yang telah membantu. Mereka-mereka itu, warga Belitung dan Beltim yang tinggal diluar daerah namun tetap peduli dengan daerah,” ucap Afa.

Adapun kegiatan Forum Putra Putri Daerah selanjutnya adalah mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker, dan mengikuti prosedur kesehatan. (msi)

Editor: Yudiansyah