FSBI IX Hampir Batal Dilaksanakan

by -1 views

MENDOBARAT – Festival Seni Budaya Islam (FSBI) IX memeriahkan dan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan di Desa Kemuja Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah, Sabtu (21/11) ini hampir saja batal diselenggarakan dikarenakan berbagai faktor. Menurut Ketua Panitia FSBI IX, Suryanto kegiatan ini hampir batal dilaksanakan mengingat waktu dan juga pendanaan.
“Tahun kemarin batal diselenggarakan karena Maulid Nabi jatuh pada bulan Januari, dan tahun ini juga sebenarnya kami pesimis, namun berkat saran dari dinas kebudayaan dan provinsi juga, harus dimajukan jadi bulan November ini,” ungkap Suryanto ketika memberikan laporannya dalam pembukaan FSBI IX.
Dikatakan Dikatakan Suryanto, kegiatan FSBI IX ini diselenggarakan pada bulan November ini, mengingatnya banyaknya permintaan masyarakat dan pecinta festival sehingga bisa dilaksanakan juga, walaupun momen Maulid Nabinya bulan Desember mendatang. Diungkapkan Yanto, FSBI dari tahun ke tahun semakin semarak dan meningkat berkat dari dukungan masyarakat dan juga swadaya dari semua elemen.
Untuk tahun ini, Suryanto menjelaskan sebanyak 65 grup ikut ambil bagian dalam perlombaan. FSBI IX ini memperlombakan empat cabang yakni rebana, rudat, dambus dan rebana anak-anak. Wabup Bangka Rustamsyah dalam arahannya mengungkapkan kegiatan ini sangat bagus dilaksankan karena dapat melestarikan dan mengembangkan kesenian yang bernuasa islami. “Seni budaya ini dapat terus dilestarikan di semua kalangan, baik laki-laki, perempuan, anak-anak maupun orang tua, sehingga dapat menjadi kebanggaan dan berkembang di Kabupaten Bangka,” jelasnya.
Sementara itu Staf Ahli Gubernur bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Sudirganto, kegiatan FSBI ini dapat mensiarkan nilai-nilai islam yang damai dan rahmatan lilalamin. “Bisa mensiarkan islam dan ukhuwah islamiyah dapat terus dijaga dan ditingkatkan,” jelas Sudirganto. FSBI IX akan berlangsung selama sepuluh hari mulai tanggal 21 sampai dengan 30 Nopember 2015. “Semoga acara ini sukses baik segi penyelenggaraan maupun peningkatan prestasi,” jelas Suryanto yang menjadi ketua panitia FSBI IX. Kegiatan pembukaan dihadiri juga Kapolres Bangka, AKBP Sekar Maulana, anggota DPRD Bangka, kepala SKPD, PKK, unsur muspika, tokoh agama, pemuda dan masyarakat.(rel)