Gadaikan Hp Curian, Bobby Diamankan

by -

MANGGAR – Berniat ingin menggadaikan handphone (Hp) hasil curian, Bobby (32) warga jalan Bakti Desa Kurnia Jaya, Manggar Belitung Timur, malah tertangkap tangan anggota Reskrim Polsek Manggar.
Hp Samsung Tablet yang dicuri, pada Jumat (3/4) pekan lalu itu, digadaikan ke seorang ibu rumah tangga (IRT) yang merupakan tetangga terdekat pelaku. Bobby yang juga residivis pencurian, hanya bisa pasrah saat anggota Polsek Manggar memergokinya.
Kapolsek Manggar, AKP Morhan S seizin Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi S.Ik kepada harian ini membenarkan pelaku telah diamankan bersama barang bukti Hp Samsung Tablet.
“Benar kita amankan pelaku beserta barang bukti. Untuk saat ini, pelaku diketahui melakukan pencurian Hp, dengan cara masuk melalui jendela yang ditinggal penghuni rumah, saat keluar rumah,” terang AKP Morhan, Rabu (8/4) kemarin.
AKP Morhan menjelaskan, pelaku ketahuan saat menggadaikan hp yang dicurinya ke tetangga terdekat. “Hp hasil curian itu digadaikan seharga Rp.300 ribu. Setelah dicocokan oleh korban, ternyata benar Hp itu milik dirinya yang hilang beberapa waktu lalu,” jelas Kapolsek.
Korban yang juga merupakan warga Desa Kurnia Jaya Manggar, bernama Agustina (IRT) mengaku hilang hp saat rumah nya ditinggal pergi. Kini pelaku sudah diamankan dan mendekap di tahanan Mapolsek Manggar.

“Pelaku dijerat dengan pasal 362 tentang pencurian, dengan hukuman maksimal kurungan 5 tahun penjara,” tegasnya.
Atas kejadian tersebut, AKP Morhan menghimbau kepada warga masyarakat agar selalu waspada jika ingin keluar rumah dengan mengunci pintu dan jendela. “Kalau memang tidak memungkinkan, saat akan bepergian, ‘titipkan’ rumah ke tetangga,” saran AKP Morhan.
Namun, untuk memastikan rumah agar aman dari pencurian, AKP Morhan juga menyarankan untuk memasang teralis pengaman pintu dan jendela. Hal ini, menurutnya, akan menyulitkan mereka yang ingin berbuat jahat.
“Selain itu, kami sarankan masyarakat jangan menyimpan barang-barang berharga dalam jumlah banyak di dalam rumah, atau gunakan safetybox,” tandasnya kembali menyarankan. (feb)