Galeri UKM Berbenah

by -

MANGGAR – Galeri Usaha Kecil Menengah (UKM) Pelangi Pasar Manggar yang sebelumnya dikelola Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Beltim, resmi dialihkan ke koperasi. Pengalihan tersebut merupakan upaya mengembangkan galeri dengan konsep manajemen yang dikelola swasta.

Pengelola galeri UKM Pelangi, Eddy Handoko membenarkan peralihan tersebut. Ditemui di galeri, pria yang akrab disapa Hans menjelaskan, galeri UKM Pelangi sedang melakukan pembenahan pengelolaan.
“Terhitung sejak Februari memang pengelolaan galeri diserahkan ke Koperasi Mitra Sehati. Nah, koperasi kebetulan menunjuk saya untuk mengelolanya,” ungkap Hans saat berbincang dengan harian ini, Sabtu (7/2) pekan lalu.

Diakuinya, kondisi peralihan mengharuskan pihaknya berbenah ulang. Terutama kegiatan promosi yang bertujuan meningkatkan penjualan produk UKM di Beltim. “Sekarang barang-barangnya masih belum banyak, tapi kami sudah menghubungi pelaku usaha kembali. Kita utamakan produk UKM di Beltim agar mereka bisa berkembang,”ujar Hans.

Selain mengajak pelaku usaha, pihak galeri sudah memulai promosi ke sejumlah Tour Leaders dan Tour Guides serta para pelaku wisata se-Pulau Belitung. Salah satunya, mengajak untuk mengunjungi galeri yang terletak di kawasan Pasar Lipat Kajang tersebut.

“Diinformasikan bahwa setiap kunjungan teman-teman Tour Leader, Tour Guide maupun driver yang membawa tamu untuk berkunjung, meskipun wisatawan yang dibawa tidak berbelanja ke galeri UKM Pelangi akan tetap mendapatkan uang kompensasi sebesar Rp. 20.000/ orang setiap kali,” ungkap Hans.(feb)