Gali Informasi Soal Babel

by -

PANGKALPINANG – Sebanyak 5 Anggota Komite I DPD RI yang dipimpin Senator Fachrul Razi, mulai Senin (10/8) kemarin melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Dalam Kunker itu rombongan menyoroti tiga persoalan pokok yakni berkaitan dengan tata ruang wilayah, Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan dan otonomi daerah, serta menggali persiapan Pilkada serentak. Para Senator yang berlatar daerah berbeda ini akan berada di Babel selama 2 hari guna menyerap informasi secara utuh.
“Kedatangan Tim Komite I DPD RI ini adalah untuk menyerap informasi yang nantinya akan dijadikan sebagai referensi untuk beberapa usulan perubahan undang-undang oleh DPD RI. Diantaranya, berkaitan dengan Tata ruang wilayah, Undang-Undang Nomor 23 Tentang, Persiapan Pilkada Serentak, dan Tata Ruang,” ujar Wakil Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi, saat pertemuan dengan jajaran Pemprov Babel di Lantai III Kantor Gubernur.
Selama 2 hari di negeri penghasil timah ini, kata Fachrul akan dimanfaatkan pihaknya untuk mengetahui persiapan Pilkada serentak di Kabupaten Bangka Tengah. Daerah tersebut salah satu kabupaten dari total 4 kabupaten di Babel yang juga akan menghelat pesta demokrasi lima tahunan ini. “Besok (hari ini, red) kita juga ke Bangka Tengah, dalam rangka melihat persiapan Pilkada serentak 2015. Bangka Tengah kan salah satu daerah yang akan laksanakan Pilkada, selain kabupaten lainnya,” imbuhnya.
DPD yang mempunyai fungsi legislasi dan pengawasan, kata Fachrul sifatnya lebih banyak mendengar keluhan serta informasi dari daerah. Namun akan menyuarakannya di pusat. ” Kita harapkan dari kunker ini dapat impetarisir berbagai persoalan yang ada di Babel. Kami lebih banyak mendengar persoalan salah satunya tentang pemerintahan daerah, yang siap kami perjuangkan di Senayan,” tukasnya.
Menambahkan, Senator Asal Babel Hudarni Rani menuturkan Babel patut bersyukur bahwa persoalan calon tunggal tidak menjamah kabupaten di provinsi yang pernah ia pimpin saat menjabat gubernur beberapa tahun silam. “Bahwa daerah belum ada calon atau tunggal, tidak ada disini.  Alhamdulillah untuk 4 daerah kita lengkap,” kata Hudarni.
Sementara Gubernur Babel Rustam Effendi dalam sambutan yang diwakili Asisten I Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Amrullah, berharap Kunker komite I  dapat dijadikan gambaran yang utuh atas pelaksanaan UU tentang Pilkada, penataan ruang, maupun UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. “Ini dapat dikaji demi pelayanan yang lebih baik. Apalagi soal SDM pelayanan Pemda untuk masyarakat didaerah, bagaimana efisiensi pelayanan masyarakat dan tanggungjawab. Maka itu, kami akan beri data,” kata Amrullah saat membacakan sambutan Gubernur.
Data yang diberikan, lanjutnya akan disesuaikan dengan potensi l dan berbagai persoalan yang ada didaerah. “Kami berharap instansi yang hadir dapat terlibat dalam dialog yang aktif, sehingga terindikasi berbagai persoalan. Hasil analisa kunjungan ini menjadi masukan pemerintah. Kami berharap pusat dapat memberikan perhatian lebih, Babel memiliki ruang daratan yang lebih sedikit jika dibanding daerah lain,” harapnya.(iam)