Ganti Rugi Belum Disepakati

by -

*Pembebasan Lahan Ditarget Selesai Tahun ini

MANGGAR-Rencana pekerjaan pelebaran ruas Jalan Raya Manggar-Gantung Belitung Timur, masih terkendala pembebasan lahan. Hingga saat ini, harga ganti rugi lahan warga yang terkena dampak pelebaran jalan sepanjang 10,4 kilometer tersebut belum juga disepakati.

‎Padahal, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kabupaten Belitung Timur sudah melakukan sosialisasi dan negosiasi dengan warga desa yang terkena dampak pekerjaan pelebaran jalan itu.

“Untuk sosialisasi dan koordinasi ke desa-desa sudah kita lakukan. Mulai Desa Padang Manggar, Desa Selingsing, Gantung dan Batu Penyu Kecamatan Gantung, beberapa waktu lalu. Tapi belum ada kesepakatan,” terang Kepala Dinas BMSDA Fery Irawan melalui Kepala Bidang Bina Marga Idwan Fikri, kepada harian ini, Kamis (5/2) kemarin.

Idwan menjelaskan, teknis harga ganti rugi lahan disepakati sesuai NJOP‎ di masing-masing desa. Perhitungannya akan dilakukan ketua tim pembebasan lahan dari BPN bersama dinas terkait dan pihak terkaitlainya.

Selain sudah melakukan sosialisasi ke desa‎-desa, pihaknya juga saat ini sudah menginventarisir lahan-lahan warga yang terkena dampak pelebaran jalan tersebut.

Idwan menargetkan, untuk pembebasan lahan pekerjaan pelebaran jalan tersebut akan diselesaikan tahun 2015‎ ini juga.

“Kalau sudah disepakati, nanti kita buatkan pernyataan ke Gubernur agar tahun ini dianggarkan, dan tahun 2016 mendatang pekerjaan sudah bisa dimulai,” tandas Idwan. (yud)