Garuda-Sriwijaya Rencana Buka Kembali Penerbangan di Bandara HAS Hanandjoeddin

by -
Garuda-Sriwijaya Rencana Buka Kembali Penerbangan di Bandara HAS Hanandjoeddin
Suasana bandara internasional HAS Hanandjoeddin tampak sepi, Selasa (12/5). Rencananya dalam waktu dekat akan ada penerbangan kembali oleh 2 maskapai pesawat Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sejumlah maskapai berencana akan kembali melakukan penerbangan di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin. Kembali beroperasional penerbangan tersebut, merupakan kebijakan transportasi selama Ramadan dan Idul Fitri 1441 H.

Yakni berdasarkan surat edaran tersebut mengacu pada ketentuan Gugus Tugas Percepatan, penangganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020, dan Peraturan PM 25 Tahun 2020 Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (RI).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setia Putra melalui Perwakilan Garuda Tanjungpandan Hasan membenarkan adanya kabar tersebut. Saat ini pihaknya masih menunggu Approval, agar bisa melakukan penerbangan dari Jakarta – Tanjungpandan PP. “Reservasi pelayanan penerbangan tersebut dapat melalui kanal penjualan tiket Garuda Indonesia,” ujar Hasan melalui pers rilisnya, Selasa (12/5).

Belum diketahui kapan pastinya penerbangan dari Jakarta ke Tanjungpandan dilakukan. Namun, jadwal hari penerbangan sudah ditetapkan. Yakni seminggu dua kali, Senin dan Kamis.

Saat melayani penumpang, Garuda Indonesia menerapkan prosedur yang sangat ketat. Seperti surat keterangan sehat dan negativ Covid-19 dari rumah sakit. Dan juga penumpang harus ada surat keterangan dari perusahaan atau instansi.

“Inti dari surat tersebut, menyatakan tidak mudik. Namun keperluan atau kepentingan dinas. Penumpang juga harus memenuhi persyaratan protokol kesehatan,” pungkas Hasan.

Hal yang sama juga diungkapkan Branch Manager Sriwijaya Tanjungpandan Deny Oktavianus. Namun, ia masih belum bisa berkomentar banyak, mengenai kapan akan mulai beropersi. “Hari ini kita bahas, untuk penerbangan di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin. Nanti kita akan umumkan lebih detail,” katanya.

Sementara itu, Plt Executive General Manager KC Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Nanang N Saputro mengatakan, dirinya belum mendapat informasi dari maskapai mengenai adanya rencananya penerbangan tersebut.

Saat ini kondisi bandara masih sepi. Belum ada penerbangan, kecuali pengangkut barang. “Untuk masalah penerbangan, itu wewenang dari maskapai,” kata Nanang kepada Belitong Ekspres. (kin)

Editor: Yudiansyah