Gelar Baksos & Sosialisasi Kesehatan

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Badan Keamanan Laut (Bakamla) memberikan sosialisasi sekaligus pendekatkan dengan masyarakat, guna mempermudah tugas pokok dan fungsi Bakamla di Desa Tanjung Gunung, Pangkalanbaru Bangka Tengah (Bateng), Rabu (24/3) kemarin.
Kegiatan tersebut berjalan dipimpin langsung oleh Ibu Darma Wanita Bakamla, Liza Waluyo. Ia menjelaskan, kedatangan mereka ke Tanjung Gunung dalam hal melakukan sosialisasi tentang kesehatan masyarakat, khususnya di daerah pesisir pantai. “Alasan kami ke sini karena kami peduli dengan masyarakat, khususnya masyarakat pesisir. Selain itu untuk menyambut Hari Kartini,” katanya.
Menurutnya, sosialisasi yang dilakukan agar masyarakat dapat mengantisipasi dini terhadap sejumlah penyakit berbahaya bagi masyarakat, seperti deteksi dini kanker, penyuluhan ASI, Sanitasi dan Pemeriksaan Ibu Hamil. “jika kesehatannya baik maka akan didapatkan masyarakat yang sejahtera. Maka ini kita lakukan sosialisasi kesehatan ini untuk masyarakat pesisir,” jelasnya.
Liza menambahkan, pihaknya juga akan menggelar penyuluhan tentang pengelolaan produk lokal dari hasil laut oleh masyarakat setempat, seperti pembuatan nuget dan bakso ikan. Lanjut Liza, kegiatan sosialisasi daerah pesisir ini tidak hanya dilakukan di Bangka Belitung (Babel) akan tetapi di 10 daerah yang lain di Indonesia. “Kita juga akan melakukan sosialisasi ini di 10 daerah pesisir di Tanah Air yakni Aceh, Karimun, Sambas, Natuna, Kupang, Merauke, Jayapura, Tarakan dan Tual,” tuturnya.
Sementara Kepala Kantor Ground Station Bakamla Babel, Amin Nugraha, mengatakan pihaknya juga memberikan pengarahan kepada masyarakat setempat soal tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Bakamla yang merupakan perubahan dari Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) atas keinginan Presiden Joko Widodo.
“Selain Bhakti sosial kesehatan kita juga memperkenalkan Bakamla kepada masyarakat. Kedekatan seperti ini akan mempermudah kinerja kita untuk membantu masyarakat itu sendiri,” jelasnya.
Sedangkan Kepala Desa Tanjung Gunung, Hamsani, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Selaku tuan rumah, pihaknya menyambut baik niat dari Bakamla, yang menyempatkan diri datang dan membantu masyarakat. “Kami sangat mendukung dan terima kasih, karena kegiatan seperti ini  langsung menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat,” tukasnya. (cr61)

Baca Juga:  Perampok Asal OKI Terkapar Dihajar Pelor

Rate this article!
Tags:
author

Author: