Gelar Forum SKPD, Susun RKPD

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MANGGAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar Forum Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Beltim tahun 2016. Kegiatan digelar selama tiga hari, Rabu hingga Jum’at (13/2) hari ini di Aula Kantor Bappeda.

Forum ini menghadirkan perwakilan dari SKPD terkait yang akan dipertemukan dengan pihak Kecamatan dan pemerintah desa. Dalam forum ini mereka bertemu untuk membahas program dan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) desa dan kecamatan, sebelum dibawa ke Musrenbang Kabupaten.

“Tujuannya adalah untuk membahas dan menetapkan prioritas rencana program dan kegiatan dalam mewujudkan sasaran pembangunan daerah tahun anggaran 2016. Penyelarasan program dan kegiatan yang dimaksudkan ialah sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD dengan berdasarkan kepada usulan program dan kegiatan hasil musrenbang Kecamatan,” jelas Irsyadinnas, ketua panitia kegiatan Kamis (12/2) kemarin.

Baca Juga:  Aktifitas Ilegal Mulai Sasar DAS

Forum SKPD ini Kata dia, merupakan salah satu instrumen penting dalam alur mekanisme perencanaan pembangunan daerah. Terutama dalam penyusunan prioritas anggaran tahun 2016, yang memberikan kewenangan kepada SKPD dalam menentukan bentuk dan jenis penyelenggaraan tupoksinya berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Irsyad yang didampingi Sekretaris Bappeda Ilfan Suryawan menambahkan, forum ini cukup strategis karena mempertemukan kelompok masyarakat sektoral dan spasial. Proses perencanaan partisipatif merupakan proses perencanaan atas bawah (top down) dan bawah atas (bottom up) yang diselaraskan melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten/kota dan Provinsi, serta nasional.

“Forum ini merupakan proses perencanaan pembangunan, sehingga secara teknis berbagai keputusan dalam pelaksanaan pembangunan dirumuskan secara bersama dan dilaksanakan sesuai dengan jenjang pemerintahan. Dalam forum ini dilakukan penyelarasan usulan antara hasil dari musrenbang kecamatan dengan draf rencana kerja SKPD,” ujarnya.

Baca Juga:  Lebaran, Sunandar Boyong Keluarga Melepas Rindu Orangtua di Belitong

Kata dia, Forum ini juga memberikan kesempatan kepada kelompok sektoral untuk memberikan masukan dan usulan kegiatan, yang dinilai mampu mengatasi persoalan yang ada di sektor.
“Forum SKPD juga ditujukan sebagai arena untuk melakukan sinergisitas antara usulan kegiatan yang bersifat spasial dan usulan sektoral,” terang Irsyad.

Kepala Desa Tanjung Kelumpang Kecamatan Simpang Pesak Chandra Kusuma menyambut baik adanya forum ini. Ia mengakui perencanaan pembangunan dan program yang akan dilaksanakan di desa menjadi lebih jelas karena dibahas bersama.

“Jadi keliatannya semangkin bagus. Dengan adanya forum ini kita bisa tahu mana saja program-program kita yang bisa dilaksanakan, terus jika pun hasil Musrenbang Desa dan Kecamatan ditolak kita juga bisa tahu alasan dan kekurangannya, sehingga tahun depannya bisa kita perbaiki,” kata Chandra. (feb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: