Gelar Munaslub ke-IV

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

KELAPA KAMPIT-Bupati Belitung H Sahani Saleh S.Sos mengisahkan bagaimana sejarah terbentuknya Ikatan Keluarga Pelajar Belitung (IKPB). Ia menyempatkan hadir pada acara pembukaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Ikatan Keluarga Pelajar Belitung (IKPB) ke IV di Bukit Pangkuan Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur, Kamis (12/2) kemarin.
Rupanya IKPB banyak memberikan kesan pada kehidupan pribadinya. Sanem sapaan akrabnya bahkan menceritakan pengalaman pribadinya sekitar tahun 1978 berangkat ke Jogjakarta dan menjadi Sekretaris IKPB Jogja tahun 1980-1984. Hingga akhirnya mendapatkan istri seorang Sekretaris IKPB Bandung.
Di hadapan para tamu undangan yang didominasi mahasiswa, ia juga mengatakan sebelum bertekad membangun Belitong, sebagai masyarakat Belitong harus paham sejarah IKPB itu sendiri. Kecamatan Kelapa Kampit merupakan awal pertemuan terbentuknya, IKPB yang kemudian berkembang lebih jauh. Pada saat itu IKPB dimulai dari pelajar Jogjakarta dan kemudian menyebar di antaranya Jakarta, Bandung dan sejumlah daerah lainnya. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Beltim Talafuddin, Ketua IKPB Pusat Teguh Trinanda.
Perkembangan tersebut menimbulkan wacana harus ada IKPB pusat dan terpilihlah IKPB Bandung pada saat itu. “Atas terlaksananya Munaslub ini kami harapkan IKPB bisa bangkit dan berperan dalam berbagai hal untuk Kabupaten Belitung. Sebagai mahasiswa pada saat itu kami bermodalkan nekad berangkat ke kampung orang untuk menimba ilmu. Tapi alhamdulillah hasilnya teman-teman seangkatan bisa berhasil dan berguna bagi orang lain,” kenannya.
Tapi saat ini aturan tidak membolehkan menyalurkan bantuan ke luar daerah dan harus melalui kelembagaan.  Untuk mengantisipasi hal tersebut dalam membantu IKPB dalam pendanaan, seperti beasiswa  dan lain lain, IKPB pusat harus di Belitung dan dalam teknisnya disebar ke cabang-cabang IKPB yang dimaksud.
“Kami berharap IKPB Kabupaten Belitung dan Belitung Timur bisa terus bersatu dan jangan ada pemisahan IKPB karena kita mempunyai satu tujuan yaitu membangun sumber daya manusia (SDM)  dan membangun  pulau Belitung lebih baik kedepannya,” pungkasnya.(feb/ade)

Baca Juga:  Pemkab Segera Tertibkan THM yang Tidak Miliki Izin

Rate this article!
Gelar Munaslub ke-IV,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: