Gelar Perkara Arak Gerebekan Sanem, Polisi Tetapkan 3 Tersangka

by -
Gelar Perkara Arak Gerebekan Sanem, Polisi Tetapkan 3 Tersangka
Anggota Sat Narkoba saat melakukan pemaparan gelar perkara kasus arak di Aula Tri Brata Mapolres Belitung.

belitongekspres.co.di, TANJUNGPANDAN – Kasus arak gerebekan Bupati Belitung, H Sahani Saleh yang akrab disapa Sanem, berlanjut ke ranah hukum. Buktinya, Polres Belitung resmi menetapkan 3 tersangka dalam kasus tersebut.

Sebelum penetapan tersangka, Jajaran Polres Belitung, seperti Sat Narkoba dan Satreskrim Polres Belitung melakukan gelar perkara kasus tersebut di Aula Tri Brata Mapolres Belitung, Selasa (25/8).

Hasil gelar itu polisi menetapkan pria berinisial FT, wanita berinisial SC dan pria berinisial HC sebagai tersangka. Dalam kasus ini Polres Belitung menjerat mereka dengan Pasal 135 Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan.

Kasat Narkoba Polres Belitung AKP Naek Hutahayan mengatakan, penetapan tersangka dilakukan sesuai bukti-bukti. Dan juga hasil pemeriksaan yang dilakukan penyidik beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Hutahayan, pada saat pemaparan dirinya menjelaskan kronologis penggerebekan yang dilakukan Bupati Belitung. Waktu itu, mereka bersama Satpol PP Kabupaten Belitung melakukan razia di kawasan Bicong dan Kapten Saridin.

Dari hasil penggerebekan tersebut, mereka mengamankan sejumlah barang bukti. Seperti arak yang dalam keadaan fermentasi. Setelah itu, barang hasil penggerebekan diserahkan ke Polres Belitung untuk dinaikan ke ranah pidana.

Hingga akhirnya polisi melakukan penyelidikan. Berdasarkan hasil penyelidikan seperti keterangan saksi-saksi dan barang bukti seperti peralatan yang ditemukan di lokasi, maka unsur sudah terpenuhi. “Maka dari itu kami menetapkan ketiganya, yang awalnya saksi menjadi tersangka. Dan menaikan status penyelidikan ke tahap penyidikan,” kata pria berdarah Batak ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Belitung Sahani Saleh bersama Satpol menggrebek tempat penyimpanan minuman keras (miras) jenis arak di dua lokasi di Tanjungpandan, Kamis (6/8) lalu. Pertama di Jalan Bicong, Dusun Asam Lubang, Desa Air Merbau.

Dan yang kedua di kawasan Jalan Kapten Saridin Dalam, Kelurahan Paal Satu, Tanjungpandan. Dalam penggerebekan di dua lokasi tersebut, Pol PP dan Bupati Belitung mengamankan sebanyak 11 drum berisikan arak yang masih dalam fermentasi. Setelah itu, BB tersebut diserahkan ke Polres Belitung, untuk dinaikan ke ranah pidana. (kin)