Gelar Sosialisasi SE 2016

by -

PANGKALPINANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pangkalpinang menggelar sosialisasi Sensus Ekonomi (SE) 2016 dalam perihal mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan bagi penyusun kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan kecuali pertanian di gedung pertemuan Pemkot Pangkalpinang, Kamis (3/12) kemarin.
“Sensus ekonomi ialah pendataan lengkap seluruh kegiatan ekonomi yang ada di seluruh wilayah indonesia, sensus ekonomi diselenggarakan setiap sepuluh tahun sekali pada tahun yang berakhir pada angka enam. Sensus ekonomi pertama kali dilaksanakan pada tahun 1986 dan sensus ekonomi 2016 adalah sensus yang ke empat, ” jelas Kepala BPS Kota Pangkalpinang, Azhar.
Lanjut Azhar, ada beberapa sektor yang akan di data pada sensus ekonomi 2016 ini antara lain pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, pengadaan listrik, gas, uap panas dan udara dingin, pengadaan air, pengolahan sampah, pembersihan limbah san sampah, konstruksi, transportasi, informasi dan komunikasi.
“Masih banyak cakupan seluruh sektor ekonomi diluar sektor pertanian yang akan kami data pada sensus ekonomi 2016 ini,” ujarnya.
Adapun manfaat dari sensus ekonomi menurutnya adalah, selaku pelaku usaha mengetahui posisi dan peluang usaha serta daya saing usaha kemudian selaku pemerintah / kementerian dan lembaga adalah sebagai landasan perencanaan dan pengambilan kebijakan serta evaluasi kegiatan.
“Adapun selaku peneliti/akademis adalah sebagai bahan peneliti ilmiah dan pengamatan bidang ekonomi, terus manfaat SE buat masyarakat adalah menerima manfaat dari kebijakan ekonomi yang akan diambil oleh pemerintah,” sebutnya.
Masih katanya, adapun peran dari sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 adalah menginformasikan kegiatan SE 2016 secara kontinyu dan berkala, menyebarkan informasi melalui berbagai media, memberikan pengetahuan kepada masyarakat utamanya pelaku usaha akan manfaat SE 2016 dan meningkatkan kesadaran (awareness) responden (pelaku usaha) akan pentingnya SE 2016.
“Tujuannya mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi kecuali sektor pertanian sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan,” paparnya.
“SE 2016 bukan hanya milik BPS akan tetapi milik bangsa indonesia, ayo dukung dan sukseskan SE 2016 untuk menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean, ” tutupnya. (tya)