Gelar Ujian Munaqosah TPA

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MANGGAR – Lembaga Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Qur’an dan Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA – BKPRMI) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar ujian Munaqosah Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA, di Masjid Agung Darussalam Manggar, Minggu (15/2) pekan kemarin.

Ujian ini merupakan ujian tahap pertama bagi 1.616 orang santri se Beltim yang dilaksanakan oleh 7 kecamatan se Beltim. Untuk ujian tahap pertama ini materi yang diujikan tim penguji adalah praktek sholat wajib, tartil membaca Al-Qur’an dan menulis serta memberi harokat huruf Arab.

Baca Juga:  Sungai Tebat Rasau Kering, Pintu Bendungan Pice Harus Kembali Ditutup

Pada ujian tahap pertama ini, Jika para peserta lolos, maka berhak mengikuti ujian Munaqosah tahap kedua yang akan digelar Minggu mendatang pada Sabtu hingga Minggu (21-22/2). Adapun materi ujiannya yaitu hafalan surat-surat pendek, hafalan ayat pilihan dan do’a harian santri TPA.

Sementara itu, Ketua DPD BKPRMI Beltim, Kemas Akhirian M.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin LPPTKA-BKPRMI yang sekaligus untuk mengemban amanat Perda No.6 tahun 2014. Perda tersebut mengatur tentang Pendidikan Baca Tulis Al Qur’an yang telah dirumuskan oleh tim BKPRMI dengan jajaran legislatif.

Baca Juga:  Seleksi Bujang Dayang Beltim 2019 Resmi Dibuka

Kemas menambahkan bahwa peserta ujian munaqosah yang lulus berhak untuk mengikuti Wisuda Santri TPA yang akan digelar pertengahan Mei 2015 mendatang.

“Tim Munaqisy akan menguji santri dengan selektif dan profesional, agar mampu melahirkan wisudawan TPA yang mumpuni dengan mendapat sebuah sertifikat. Artinya mereka memang telah terlepas dari buta aksara Al Qur’an,” tutup Kemas penuh harapan. (feb)

Rate this article!
Gelar Ujian Munaqosah TPA,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: