Giatkan Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Tanjungpandan Kembali Gelar Rapat Tim Pora di Beltim

Foto bersama usai Rapat Tim Pora di Kabupaten Beltim, yang berlangsung di ruang Hotel Oasis Manggar, Kamis (4/4) kemarin.

Foto bersama usai Rapat Tim Pora di Kabupaten Beltim, yang berlangsung di ruang Hotel Oasis Manggar, Kamis (4/4) kemarin.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Menggiatkan Pengawasan Orang Asing, Kantor Imigrasi Tanjungpandan kembali melaksanakan Rapat Tim Pora di Kabupaten Beltim, Kamis (4/4). Kegiatan yang berlangsung di ruang Hotel Oasis Manggar dibuka oleh Wakil Bupati Beltim Burhanudin.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Beltim, Burhanudin mengucapkan apresiasi kepada Kantor Imigrasi

iklan swissbell

Tanjungpandan yang telah membentuk Tim Pora, sehingga keberadaan orang asing dapat lebih terpantau.
“Prinsipnya, kita mendukung, mengapresiasi apa yang dilakukan kawan-kawan di Imigrasi. Kita support agar Tim Pora ini bisa bekerja lebih baik, karena mengingat pulau Belitung adalah daerah kunjungan,” terang Aan sapaan Burhanudin.

Dikatakan Aan, Tim Pora ini kan sudah terbentuk, tinggal sekarang ini menambah wawasan bagi para anggota tim. Dari mulai tindakan preventif mencegah sampai mengobati.

“Artinya, dari mulai melakukan pendataan sampai ke penindakan. Dengan Tim Pora Kecamatan sudah terbentuk, maka koordinasi antar institusi negara ini dak perlu agik ada sekat-sekat dalam hal pengawasan orang asing ini,” imbuhnya.

Oleh karenanya, Aan berharap anggota Tim Pora ini tidak arogan di dalam melaksanakan tugas. “Mentang-mentang sudah menjadi Tim Pora, sekonyong-konyong setiap ada orang asing langsung dianggap ilegal, tanpa mengetahui dokumen-dokumen yang mereka miliki,” pintanya.

Baca Juga:  3 Nama Pejabat Lulus Seleksi Terbuka Akan Dikirim ke KASN

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Tanjungpandan, Dewanto Wisnu Raharjo menerangkan bahwa beberapa hari sebelumnya telah dilakukan pelantikan Tim Pora tingkat Kecamatan se- Pulau Belitung.

Dewanto mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Beltim, atas sinergi dan kerjasamanya. Harapannya, kedepannya Beltim bisa aman dan kondusif. Masyarakat pun bisa masuk membantu memberikan informasi terkait keberadaan orang asing.

“Fokus kami dari tanggal 28 Maret 2019, sudah kami lantik oleh Bapak Kepala Kantor Wilayah, konteknya pengukuhan dari Camat-camat di wilayah Belitung. 12 Kecamatan dan Belitung Timur 7 Kecamatan,” kata Dewanto kepada Belitong Ekspres.

Rapat Tim Pora ini kata Dewanto, sebagai langkah awal untuk koordinasi, sinergitas masing-masing instansi. Selain itu, juga untuk menghimpun tukar-menukar informasi dan koordinasi terkait permasalahan pengawasan orang asing di Beltim.

“Harapan kami, bisa terkomunikasikan sinergitas sesama yang baik atar instansi. Sebab, pengawasan orang asing ini menjadi tanggung jawab kita bersama, sesuai Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, sebagai leading sektor imigrasi,” tuturnya.

Namun, hal itu perlu kerjasama melibatkan berbagai pihak dan kita bentuk Tim Pora tingkat kecamatan, sebagai ujung tombaknya Babinsa dan Bhabinkamtibmas, unsur-unsur dari Desa serta Camat yang tahu wilayah kerjanya.

Baca Juga:  Tiga Desa di Beltim Jadi Percontohan Pangan Aman

“Nanti kita bisa bersinergi, berkoordinasi terkait pengawasan orang asing, sehingga bisa optimal kedepannya,” harapnya.

Lebih jauh Dewanto mengatakan, untuk hal-hal yang menonjol di Belitung dan Beltim ini, ada beberapa yang perlu pihaknya tekankan, terutama terkait maraknya berita hoax. Hal itu perlu diluruskan, agar informasi akurat ke masyarakat.

“Kalau ada pelanggaran keimigrasian, tentunya kita akan melakukan langkah-langkah persuasif dan tindakan adminiatrasi keimigrasian, salah satunya bentuk deportasi tersebut,” terangnya.

Senada disampaikan Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung Dewa Putu Sudira. Ia menambahkan, Tim Pora ini merupakan wadah untuk ajang berkoordinasi dan berbagi informasi di instansi terkait yang berurusan dengan orang asing.

“Kita lakukan koordinasi, agar masing-masing instansi itu mengetahui keberadaan kegiatan orang asing di wilayah Belitung Timur ini. Kita untuk kedepannya, memerlukan kepedulian masyarakat intuk ikut bersama-sama, untuk mengawasi keberadaan orang asin ini, kita memerlukan informasi dari masyarakat,” tandasnya.

Ikut hadir dalam Rapat yang bertema Optimalisasi Penegakan Hukum Keimigrasian melalui Kegiatan Tim Pora, yakni Kasi Intelijen dan Penindakan Imigrasi (Inteldakim) Nanang Yunanto Ernawan, jajaran Kantor Imigrasi Tanjungpandan, Kajari Beltim Widagdo SH, MH, Camat se-Beltim, Forkopimda serta jajaran instansi lainnya di Beltim. (dny)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply