GMT Jangan Dilewatkan Begitu Saja

by -

*Momentum Angkat Wisata Babel Mendunia

*Bupati: Pemda Siapkan Even dan Infrastruktur

TANJUNGPANDAN-Sebagai daerah yang dilalui Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016 mendatang, Provinsi Bangka Belitung, khususnya daerah Kabupaten Belitung, Belitung Timur dan Bangka Tengah, harus bisa memanfaatkan momen ini. Sebab, kejdian yang tebilang langka ini diprediksi mampu menjadi daya tarik turis yang datang ke Belitung. Apalagi, GMT terakhir terjadi di Indonesia tahun 1983 lalu di sebagian besar Pulau Jawa.

“Momen GMT di Babel jangan dilewatkan begitu saja! Kita harus menjadi tuan rumah yang baik bagi pengunjung seperti kita hendak punya acara besar,’’ ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  provinsi Bangka Belitung (Disbudpar Babel) K.A. Tajuddin dalam kegiatan Sosialisasi GMT 2016 dengan tema, “ Jadikan Gerhana Matahari Total (GMT) Sebagai Momentum Wisata Babel Mendunia,’’ di Grand Hatika Hotel, Senin (30/11), kemarin.

Menurut Tajuddin, momen strategis ini bisa dimanfaatkan masyarakat, khususnya pelaku bisnis pariwisata. Baik yang bergerak di bidang makanan minuman seperti kuliner, souvenir, tour travel hingga akomodasi seperti hotel dan penginapan. Jadi, swasta dan pemerintah harus sama-sama siap untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lewat momentum GMT.

“Momen GMT akan mampu menjadi pintu gerbang datangnya turis ke Babel secara berbondoong-bondong, makanya mari kita sambut momentum ini sebaik mungkin. Maka siapkan even-even menarik buat turis, misal bikin tarian kolosal GMT dan lain sebagainya,’’ paparnya dalam acara yang dibuka oleh Bupati Belitung Sahani Saleh diwakili Asisten I Setda Haryadi Jasagung.

Tajuddin merasa optimis dengan posisi strategis yang dimiliki Babel untuk menangkap momen GMT 2016. Sebab, dari posisi geografis, Babel, termasuk Pulau Belitung ini sangat dekat dengan Ibukota Jakarta. Selain itu, akses penerbangan ke Belitung juga relatif lancar.

“Daripada ke Indonesia Timur butuh waktu 3 jam bahkan lebih. Maka Belitung, memiliki posisi potensial menarik turis dari Jakarta maupun turis dari mancanegara. Saya sudah dengar ada turis yang sudah pesan kamar di Belitung. Dan jangan lupa soal kacamata khusus yang mesti diperhatikan berasama,’’ papar Tajuddin.

Ditambahkan, dari tahun ke tahun, pertumbuhan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Babel terus meningkat. Pada tahun 2007 tercatat wisman hanya 600 an, artinya tak sampai 1000 orang. Tpai di tahun 2014 lalu sudah mencapai 6000 orang. Jadi sudah enam kali lipat. Lantas, 2017 ditargetkan mencapai 10 ribu wisman berkunjung ke Babel.

Sementara itu, Bupati Belitung dalam sambutan yang dibacakan Haryadi Jasagung menyatakan, Belitung akan menangkap momen ini sebaik mungkin. Selain, persiapan secara kegiatan dan even-even, pemda juga menyiapkan sarana prasarana pendukung untuk suksesnya momentum GMT tahun depan.

Disebutkan, berdasar data yang dimiliki Pemda, setidaknya ada sekitar 80 sampai 100 ilmuan dari Amerika sudah memesan kamar di salah satu hotel di Belitung. “Semoga mereka jadi datang setidaknya ada 80 saja sudah bagus. Dan saya dengar sudah banyak yang booking di tanggal 9 Maret itu,’’ papar Haryadi.(mg1/agu)